Atlet Dayung Kelas Dunia yang Selalu Harumkan Karawang

Atlet Dayung Kelas Dunia yang Selalu Harumkan Karawang

Karawang – Kabupaten Karawang patut berbangga memiliki sosok atlet seperti Melani Putri. Dara manis asal Desa Cigunungsari, Kecamatan Tegalwaru ini merupakan atlet dayung kelas dunia yang selalu mengharumkan nama Karawang baik di level provinsi, nasional bahkan internasional.

Loyalitas Melani untuk Karawang memang tidak perlu diragukan lagi. Atlet binaan PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Karawang ini selalu membela kota kelahirannya dalam hajatan olahraga empat tahunan paling bergengsi antar kota/kabupaten se-Jawa Barat yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Tercatat, Melani sukses mempersembahkan dua emas di Porprov 2018, serta dua emas dan satu perunggu di Porprov 2022.

Sosok Melani yang ramah tak hanya bersinar di tingkat provinsi, prestasi membanggakan berhasil ditorehkan di level nasional saat membela Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 dengan sumbangan satu emas dan satu perunggu, kemudian tiga emas di PON Papua 2021.

Hebatnya, anak bungsu dari pasangan Rusgan dan Emi ini juga memiliki seabreg prestasi di kancah internasional saat membela Indonesia. Yaitu satu perak Asian Rowing Championships Korea 2018, satu perunggu Asian Cup ll 2019, satu perunggu Asian Rowing Championships 2021, dua emas Ghent Internasional Spring Regatta Belgia 2022, dua perak SEA Games Vietnam 2021, dan satu perunggu Asian Rowing Championships 2022 Thailand.

Bahkan, atlet kelahiran Karawang, 21 Juli 2000 ini menjadi satu satunya atlet asal Karawang yang berlaga di hajatan olahraga terakbar sejagat raya yaitu Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, Melani juga tampil dalam perhelatan olahraga terbesar se-Asia yaitu Asian Games 2018.

Karir Melani di kancah internasional dipastikan masih akan berlanjut. Pasalnya, Melani saat ini sedang dipersiapkan Timnas Dayung Indonesia untuk menghadapi Asian Games 2023 dengan menjalani pemusatan latihan di Belanda. Di tingkat nasional, Melani juga akan kembali tampil memperkuat Jawa Barat di PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

“Alhamdulillah bisa memiliki kesempatan mengharumkan Karawang dalam berbagai kejuaraan. Dan saya tentunya akan selalu mengutamakan dan membela kota kelahiran tercinta dalam berbagai kejuaraan khususnya Porprov Jabar,” ujar Melani ditemani atlet dayung Karawang lainnya sekaligus rekan duetnya saat meraih perak di SEA Games Vietnam 2021, Annisa Meilani Yahya, saat berkunjung ke gedung KONI Karawang, Selasa (30/5).

Ketua Umum KONI Karawang, Sayuti Haris, didampingi Wakil Ketua II, Nanan Taryana dan Sekretaris Umum, Johny Heru Wibowo, mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan Melani saat membela Karawang, Jawa Barat dan Indonesia.

Ditegaskan Sayuti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, melalui KONI selalu memberi perhatiannya kepada atlet-atlet berprestasi berupa bonus ketika berhasil mengharumkan nama Karawang baik di level provinsi, nasional, maupun internasional.

Terbaru, KONI menggelontorkan bonus Rp 7,5 miliar sebagai bentuk perhatian dan apresiasi kepada ratusan atlet yang telah berhasil mengantarkan kontingen Karawang menempati posisi sepuluh besar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022.

Selain atlet, bonus juga diberikan kepada pelatih dan cabang olahraga (cabor) peraih medali Porprov. Bahkan, atlet dan pelatih berprestasi di Porprov juga mendapat bantuan pembinaan berkelanjutan yang diberikan selama lima bulan.

“Tak hanya berupa uang, reward juga diterima atlet dalam bentuk beasiswa bagi yang masih sekolah atau kuliah, hingga kerja bagi yang sudah lulus sekolah,” ujar Sayuti.

Pemkab Karawang, tambah Sayuti, tak hanya memberikan kadeudeuh kepada atlet berprestasi yang membela nama daerah di Porprov, perhatian juga tetap diberikan kepada atlet yang berprestasi di tingkat nasional saat membela nama Provinsi Jawa Barat di PON, bahkan di tingkat internasional saat membela nama Indonesia seperti di SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade.

“Meski pemberian bonus dalam event nasional merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan event internasional tanggung jawab pemerintah pusat, Pemkab Karawang tetap memberikan perhatiannya,” jelas Sayuti.

Pengurus PODSI Karawang, Alia Maedina menyampaikan, hingga saat ini perhatian dari Pemerintah Karawang melalui KONI sudah sangat baik kepada atlet berprestasi yang membela nama Karawang. “Kami dari pengurus PODSI sangat berterima kasih kepada pemerintah dan KONI Karawang atas perhatian yang diberikan. Semua itu tentunya memberi motivasi kepada atlet-atlet kami untuk bisa lebih berprestasi lagi dalam berbagai kejuaraan hingga ke level tertinggi,” ucap Alia.

Plt Camat Tegalwaru, Rully Sutrisna mengapresiasi dan mengaku bangga atas semua yang telah ditorehkan Melani dalam karirnya sebagai atlet dayung. “Kami bangga ada warga Kecamatan Tegalwaru yang berprestasi hingga level internasional. Ini membuktikan bahwa atlet dari pelosok juga bisa bersaing dan berprestasi jika ada kemauan dan tekad yang kuat. Kami berharap apa yang dicapai Melani bisa menjadi motivasi bagi generasi muda lainnya khususnya yang ada di Tegalwaru umumnya di Kabupaten Karawang untuk bisa mengikuti jejak Melani. Sehingga ke depan akan muncul Melani Melani lainnya di Karawang,” ujar Rully.

Kepala Desa Cigunungsari, Koko Komara mengatakan, apa yang telah ditorehkan Melani mampu mengangkat derajat keluarga sekaligus mengharumkan asal daerah mulai dari Desa Cigunungsari, Kecamatan Tegalwaru hingga Kabupaten Karawang.

“Seluruh warga Desa Cigunungsari sangat bangga. Melani adalah contoh dan jadi motivasi bagi generasi muda untuk bisa berprestasi. Kami mewakili warga Desa Cigunungsari berharap Melani bisa terus berprestasi ke depannya, yang terdekat meraih medali di Asian Games 2023 dan PON 2024,” kata Koko. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...