Siswi SMAN Tikar Jago Renang, Ternyata Sejak TK Sudah Latihan

Karawang – Berawal dari untuk terhindar dari penyakit bawaan hingga memperoleh prestasi.

Azalia (17), Siswa SMAN 3 Karawang kelahiran Yogyakarta (10/12/2006) ini berhasil memperoleh juara pertama dalam perlombaan O2SN di tingkat kabupaten untuk cabang olahraga renang. Ia menyampaikan telah mendalami olahraga ini sejak usia delapan tahun. Ia menambahkan awal mula mengikuti dikarenakan keinginan orangtua agar tidak mempunyai penyakit asma yang berasal dari orangtua.

“Saya mulai renang saat TK, awalnya saya dileskan renang oleh orang tua saya agar saya tidak terkena asma bawaan orang tua saya, tetapi seiring berjalannya waktu saya mulai mendalami dan fokus pada bidang renang dan mulai ikut kedalam perlombaan saat SD kelas 2,” ujarnya Jumat (23/6/2023)

Ia melanjutkan pernah mengikuti perlombaan hingga tingkat Provinsi Jawa Barat saat masih menempuh pendidikan di tingkat SMP. Selain itu saat di bangku Sekolah Dasar (SD) pun telah ada beberapa prestasi yang berhasil di raih mulai di tingkat kabupaten. Ia menyampaikan pada Juli mendatang ia akan mengikuti kejuaraan Pekan Olahraga Daerah di Bandung.

“Kelas 3 sudah menjuarai 02sn tingkat kabupaten Karawang, kelas 4 juara ke 2, kelas 5 juara kabupaten Karawang. Waktu smp lolos bk porda yg diselenggarakan di kolam wibawa mukti bekasi dan ikut porda jabar di Garut. Selain itu juga pernah menjuarai pertandingan antar club, Alhamdulillah dalam waktu dekat ini juga ikut kejuaraan popda di Bandung nanti (1/7) sampai (3/7), tahun 2019 juga menjadi best swimer dlam kejuaraan bupati cup,” tambahnya.

Sejauh ini ia telah mempersiapkan fisik melalui latihan setelah jam sekolah. Ia mengakui mempunyai rasa malas untuk latihan yang menjadi kendala terbesar. Meski begitu ia berhasil mengalahkan kendala tersebut dengan adanya dukungan penuh yang diberikan oleh orangtua. Ia pun mengungkapkan bidang ini membawa ia dapat memperoleh sekolah melalui jalur prestasi.

“Kalau untuk sukanya saya bisa banyak meraih prestasi, punya banyak kenalan dari klub renang, saya punya banyak pengalaman dan pembelajaran, dengan prestasi renang saya lebih terbantu untuk jalur masuk sekolah. Tidak ada cara yang gimana gitu ka, tapi jika rasa malas itu datang waktu saya ada jadwal latihan ya tetap latihan saja nanti juga kalau sudah di tempat latihan rasa malas itu berkurang, dan ketika saya sedang malas dan mood saya kurang baik orang tua saya selalu memberikan support dan selalu menjaga mood saya agar saya kembali bersemangat,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...