Mahasiswa Tanam 100 Bibit Pohon Obat dan Herbal

Kegiatan penanaman 100 bibit pohon

Karawang – Kegiatan penanaman 100 bibit pohon di Desa Gintungkerta ialah program kerja dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Penanaman 100 bibit pohon merupakan salah satu upaya dalam menjaga lingkungan sekitar agar tetap hijau dan segar. Adapun bibit yang ditanam di halaman kantor Desa Gintungkerta ialah bibit tanaman obat dan herbal.

Dalam kegiatan KKN di Desa Gintungkerta yang diketuai oleh Fungky Bunga Salsabila, seorang mahasiswi UBP Karawang. Tak lupa juga adanya dosen pembimbing lapangan Ibu Dexi Triadinda, S.E.,M.M. Kemudian, mengapa yang diambil dan dipakai bibit tanaman obat dan herbal? Karena dengan tujuan bisa terpakai oleh warga sekitar dalam jangka waktu panjang. Juga, adanya Kelompok Wanita Tani (KWT) yang dapat menjaga, merawat serta mengurus bibit tanaman supaya bisa tumbuh, berkembang dan nantinya bisa terpakai sebagai obat herbal.

Program kerja penanaman 100 bibit ini disponsori oleh Telaga Desa selaku pemberi bibit tanaman obat dan herbal yang dimaksud. “Mulanya, kami mengajukan proposal permohonan guna dapat diberikan bibit tanaman yang sudah kami ajukan. Proses pengajuan pun tak lama. Karena ketika proposal masuk, 2 hari kemudian pun bibit sudah bisa dibawa ke desa kami,” ucapnya.

Kegiatan penanaman 100 bibit pohon yang dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Juni 2023 pukul 09.00 ini dibuka oleh Ibu Dexi (DPL) bersama dengan Bapak Muhammad Tabrani, S.T selaku Kepala Desa Gintungkerta yang kemudian dilanjut dengan penyerahan bibit secara simbolis di Aula Kantor Desa Gintungkerta.

Selesai kegiatan yang dilaksanakan di Aula Desa tersebut, selanjutnya mahasiswa UBP yang melakukan program KKN, aparat desa, babinsa, juga para karang taruna dan warga sekitar yang turut andil dalam kegiatan penanaman pohon di sekitar halaman kantor desa.

“Bibit yang ditanam di halaman kantor desa itu tidak semuanya kami tanam di halaman kantor desa. Sebab, bibit-bibit yang ada itu kami bagikan untuk ditanam oleh ibu-ibu KWT dilahan yang sudah ada. Juga, kami bagikan di beberapa posyandu yang sudah ada penanggung jawabnya,” ujarnya.

“Dengan adanya program kerja penanaman bibit pohon ini, besar harapan kami agar tanaman bisa dijaga, dirawat dan dipelihara secara baik oleh ibu-ibu KWT juga warga Desa Gintungkerta yang mendapat bibit tanaman tersebut,” pungkasnya.(aip/fj)

Redaksi Fakta Jabar : 085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DPRD Karawang Gelar Sidang Paripurna Terkait Agenda LKPJ Bupati

Karawang – DPRD Kabupaten Karawang menggelar sidang paripurna dengan agenda ...