Mahasiswa KKN UBP Karawang 2023 Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Desa Amansari

Mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang

Karawang – Dalam rangka pencegahan stunting pada anak dan balita, mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada setiap ibu yang mengikuti posyandu di Dusun Cikelor, Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, Rabu (12/07/2023).


Mahasiswa KKN UBP Karawang di Desa Amansari, Erna Srifitriani dari fakultas farmasi, mengatakan, sosialisasi ini dimulai dengan pelayanan untuk balita dengan mengukur tinggi, berat badan serta pemberian obat seperti vitamin dan lainnya.


Setelah posyandu usai, lanjutnya, sosialisasi dilakukan dengan pemaparan pengertian stunting, ciri-ciri anak yang terindikasi stunting, dan cara pencegahan stunting oleh ibu hamil.


“Serta hal-hal yang harus dilakukan jika anak sudah terindikasi stunting,” tambahnya.

Sosialisasi stunting pada masyarakat

Pengetahuan mengenai pencegahan stunting yakni dengan pemenuhan gizi yang seimbang sejak anak masih dalam kandungan dan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif selama enam bulan pertama. Selain itu, pemberian makanan pendamping ASI yang tepat untuk anak sangatlah penting.

“Hal ini harus menjadi perhatian bagi orang tua yang memiliki anak dengan usia di bawah lima tahun,” papar Erna.

Kegiatan sosialisasi berlangsung lancar, melihat semangat antusias kehadiran ibu-ibu Dusun Cikelor, mahasiswa KKN berharap para orang tua lebih paham mengenai pemberian makanan tambahan pada anak usia di bawah lima tahun. Sehingga kebutuhan gizi anak dapat tercukupi dengan optimal dan anak dapat terhindar dari stunting.

“Dari kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, salah satu warga mengaku sangat terbantu dan mendapatkan ilmu baru dalam pencegahan dan penanganan stunting,” ujarnya.

Di akhir acara, Erna menjelaskan, mahasiswa KKN UBP Karawang 2023 Posko Desa Amansari juga memberikan makanan sehat sebagai reward kepada Ibu-ibu dan anak-anak.

“Selama ini peserta KKN UBP Karawang Posko Desa Amansari biasanya berinteraksi dengan warga ketika mereka mempunyai program kerja. Hal itu dilakukan secara formal maupun non-formal,”Tambah Husen dari Fakultas Psikologi sebagai Humas Posko KKN Desa Amansari.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...