Keren! Kolaborasi Mahasiswa KKN UBP Karawang dan Pemkab Karawang Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang

Karawang – Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang sedang menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karawang yang diwakili oleh Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Karawang menggelar vaksinasi rabies di Perumahan Pesona Grand Karawang, Sabtu (15/07/2023).


Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 37 hewan peliharaan terbagi dari 4 ekor anjing dan 33 ekor kucing mendapatkan vaksin rabies secara gratis. Ketua Kelompok Mahasiswa KKN UBP Karawang, Azriel Zamil mengatakan kegiatan ini dihelat untuk mencegah menyebarnya wabah rabies di Kabupaten Karawang.


“Seperti yang telah kita ketahui, bahwa akhir-akhir ini marak sekali kasus manusia yang terkena rabies akibat tertular dari hewan yang telah lebih dahulu terjangkit. Dampaknya sangat membahayakan, bahkan menyebabkan kematian. Untuk itu, kami merasa perlu untuk segera melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.


Lebih lanjut, dirinya menjelaskan terdapat sejumlah jenis hewan yang diberi vaksin. Seperti anjing, kucing, kera, dan musang. Seluruh hewan tersebut merupakan peliharaan warga sekitar Desa Tegalsawah.
Sebelum menggelar vaksinasi, Mahasiswa KKN UBP Karawang telah melakukan pendataan hewan yang akan divaksin dengan cara mengunjungi setiap rumah warga secara door to door. Setelah mendapatkan persetujuan dari Kepala Desa Tegalsawah, Ade Kardiatna, kegiatan vaksinasi akhirnya bisa diselenggarakan.
Azriel berharap, melalui pelaksanaan kegiatan tersebut dapat meminimalisir jumlah hewan yang terjangkit rabies. Khususnya hewan peliharaan milik warga Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.


“Kami ingin kegiatan KKN ini tidak hanya sebagai proses seremonial semata. Namun juga diharapkan kehadiran kami dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.(red/fj)

Redaksi faktajabar :085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...