Permainan Tradisional Dijadikan Kegiatan KKN Mahasiswa UBP di Desa Ciwaringin

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Universitas Buana Perjuangan Karawang

Karawang – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Yang terlibat membangun desa sebagai bukti mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dengan mengabdi kepada masyarakat.

Kelompok Mahasiswa KKN di Desa Ciwaringin, Kecamatan Lemahabang yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Asep Darojatul Romli, M.Pd, melakukan kegiatan “Permainan Tradisional” dengan anak-anak yang berada di lingkungan Desa Ciwaringin. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mempertahankan permainan turun menurun dari nenek moyang yang sudah ada sejak zaman dahulu. Karena di zaman sekarang, permainan tradisional bagi anak-anak sudah bukan lagi hal yang menarik dan kurang diminati. Maka dari itu, kelompok KKN Desa Ciwaringin tertarik untuk melakukan beberapa permainan tradisional dengan anak-anak di lingkungan Desa Ciwaringin, seperti permainan bakiak, egrang, congklak, engkle, dan galasin.

Ketua kelompok KKN Desa Ciwaringin, Fauzan, mengatakan sangat penting pada zaman modern ini, kebanyakan anak-anak sudah mulai melupakan permainan tradisional.

“Dikarenakan mereka sudah beralih pada permainan yang ada di gadget mereka. Maka dari itu saya selaku Ketua beserta Anggota kelompok KKN Desa Ciwaringin berinisiatif untuk bermain bersama anak-anak dengan permainan tradisional,” katanya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, anak-anak di Desa Ciwaringin bisa mempertahankan permainan tradisional tersebut,” harap mahasiswa UBP Karawang.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...