Barang Bekas Disulap Jadi Pot Berkarakter

Barang bekas dimanfaatkan dijadikan pot tanaman oleh mahasiswa KKN UBPK

Karawang – Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang berhasil mengajak para warga Jatimulya 2 RT 03 RW 03, Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang untuk terus melakukan penghijauan dan terus melestarikan lingkungan, pada Jumat (21/07/2023).

Hal ini terbukti dari kebiasaan para warga yang sudah mulai menanam aneka tanaman di sekitar kampung, mulai dari tanaman obat keluarga dan tanaman-tanaman lainnya, hingga memamfaatkan barang bekas untuk digunakan kembali sebagai pot. Salah satunya inovasi unggulan dari warga yakni pot bunga berkarakter dari galon bekas.

Syamsu Novantio sebagai ketua KKN kelurahan mekarjati menuturkan, pada saat munculnya brand dari air mineral yang mengeluarkan produk gallon sekali pakai.

Sayangnya, jika galon tersebut tidak di manfaatkan dengan baik akan membuat masalah baru, yang pertama : jika galon tersebut masih terus di pakai atau diisi ulang bisa menimbulkan resko terhadap Kesehatan, yang kedua : karena sampah semakin menumpuk.

” Awalnya galon ini Cuma kita warnai saja buat kita jadikan pot bunga. Lalu kita coba-coba Berkreasi, dan akhirnya membuat pot karakter ini banyak di sukai oleh warga sekitar” terangnya

” Kamipun akhirnya mengajak para ibu-ibu di sekitar kampung Jatimulya 2 RT 03 RW 03, Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang untuk belajar membuat bersama, dan di pasarkan di media sosial” ungkapnya

Dengan adanya inovasi tersebut, kami mahasiswa KKN berharap bisa menambah nilai kretifitas warga dan menambah nilai ekonomi warga Jatimulya 2 RT 03 RW 03, Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Sementara itu, kami senang atas antusias yang di perlihatkan para warga untuk mengatasi masalah lingkungan dan mempercantik kampung dengan adanya pot-pot karakter lucu di sepanjang jalan kampung.

” Dan kami berharap kedepannya para warga lebih kreatif lagi dalam memanfaatkan barang-barang bekas agar lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis,” pungkasnya.(red/fj)

Redaksi faktajabar/085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...