Polres Bongkar Praktik Spesialis Oplos Gas Elpiji

Polres Karawang bongkar praktik spesialis pengoplos gas elpiji

Karawang – Senin, 24 Juli 2023, Satreskrim Polres Karawang bongkar praktik spesialis pengoplos gas elpiji di Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang.

Dari pengungkapan itu 2 orang pelaku berhasil diamankan. Pelaku berinisial EA (26) warga Subang, DH (38), dan satu orang tersangka inisial D masih dalam proses pengejaran pihak kepolisian.

Saat ditangkap, EA kedapatan tengah melakukan penyuntikan gas elpiji dari tabung gas subsidi 3 kg kedalam tabung 5,5 kg dan 12 kg yang dibantu oleh DH.

Sejumlah barang bukti gas elpiji 3kg sebanyak 90 tabung, gas elpiji 5,5kg ada 6 tabung, dan gas elpiji 12 kg sejumlah 25 tabung, beserta alat suntik, mobil, dan timbangan digital berhasil diamankan sebagai barang bukti di lokasi kejadian.

Ketiga pelaku tersebut telah beroperasi selama 1 tahun dengan menyewa bengkel bekas di wilayah Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang.

Hasil pengakuan dari tersangka, ia membeli tabung gas elpiji dari beberapa warung terdekat hingga diluar kecamatan, secara eceran.

“Pelaku beroperasi selama 1 tahun, dan sudah hampir ribuan tabung gas yang di subsidi oleh pemerintah, di pindahkan ke tabung gas 5,5 KG dan 12 KG untuk di distribusikan lagi ke warung-warung,” kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, kepada wartawan,Senin (24/7/2023).

Pihaknya juga akan melakukan pengembangan, dalam kasus “dokter spesialis pengoplos gas elpiji” ke sejumlah agen resmi.

Akibat dari perbuatan pelaku, Polres Karawang menaksir kerugian pemerintah mencapai ratusan juta.

Selain itu, proses penyuntikan yang dilakukan oleh pelaku  rawan ledakan dan bisa membahayakan masyarakat.

“Rawan ledakan karena menyangkut gas, apalagi tidak menggunakan survei yang tepat, dan tentunya ini melanggar hukum,” tegasnya.

Adapun undang-undang yang disangkakan terhadap pelaku tentang Migas yang sudah diperbaharui yaitu pasal 50, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda 6 milyar.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...