Stadion Gelora Banjar Jadi Lautan Pesilat

Faktajabar.co.id – Ribuan pesilat Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI), berhasil pecahkan Rekor MURI dengan jumlah peserta Pencak Silat Ibing terbanyak.

Bertempat di Stadion Gelora Banjar Patroman, Jawa Barat, sebanyak 10 ribu pesilat hadir dan berhasil pecahkan Rekor MURI.

Menurut Ketua PPSI DPW Jawa Barat, Galih Santika Fadilakusumah menerangkan bahwa pemecahan Rekor MURI tersebut bukanlah suatu hal yang kebetulan.

Akan tetapi, Rekor MURI dengan jumlah peserta Pencak Silat Ibing terbanyak ini merupakan rencana dari Tuhan.

Karena, Pencak Silat merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia yang sudah tertanam pada jiwa hati sanubari rakyat Indonesia.

Galih menjelaskan pegiat budaya Seni Ibing Pencak Silat tersebut harus tetap berjalan. Cara dengan menjadikan Seni Ibing Pencak Silat ini menjadi salah satu bagian dari Kurikulum Sekolah.

Lebih lanjut Galih menegaskan bahwa harapan besar PPSI pemerintah lebih memperhatikan lagi terhadap kebudayaan daerah.

Setidaknya apabila tim bela diri yang dipertandingkan itu mendapatkan emas, perak, perunggu, mereka mendapatkan hadiah dari pemerintah ratusan juta.

“Tapi kami sebagai penggiat budaya diperhatikan. Karena kami tidak butuh uang sebesar itu, yang kami inginkan Pencak Silat tetap berjalan. Yang kami inginkan Pencak Silat itu masuk ke sekolah-sekolah. jadi kita lebih ke arah penanaman kearifan lokal terhadap anak-anak kita,” ucap dia.

Diketahui, Rekor MURI dalam seni Ibing Pencak Silat mengacu pada pencapaian yang diakui oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

MURI adalah sebuah lembaga yang bertugas untuk mencatat dan mengakui berbagai rekor yang dicapai oleh individu, kelompok, atau organisasi di Indonesia.

Rekor MURI dapat mencakup berbagai bidang, termasuk seni, olahraga, budaya, dan lain-lain.

Dalam konteks seni Ibing Pencak Silatrekor MURI dapat diberikan untuk pencapaian tertentu, seperti jumlah peserta terbanyak dalam sebuah acara Ibing Pencak Silat, atau hal-hal lain yang dianggap luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Pencapaian ini kemudian dicatat dan diakui oleh MURI sebagai rekor yang telah terpecahkan.Baca Juga: Dua kisah nyata Gisella akan membuat Anda takjub![AD]

Sebagai contoh, pada tanggal 24 Agustus 2023, di Kota Banjar, Jawa Barat, dilakukan acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat yang berhasil memecahkan rekor MURI untuk jumlah peserta terbanyak dalam Ibing Pencak Silat.

Acara ini diikuti oleh sekitar 10.000 hingga 15.000 pesilat.null

Jumlah peserta yang sangat besar ini menjadi pencapaian yang luar biasa dan diakui oleh MURI sebagai rekor yang berhasil terpecahkan.null

Dengan demikian, rekor MURI dalam seni Ibing Pencak Silat mengacu pada pencapaian yang diakui oleh Museum Rekor Dunia Indonesia untuk hal-hal yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam konteks seni Ibing Pencak Silat.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...