Jalin Sinergitas Dengan Media, Bawaslu Adakan Sosialisasi

Faktajabar.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema “Peran Serta Media Massa Dalam Melaksanakan Pengawasan Partisipatif di Setiap Tahapan Pemilu 2024”, di Aula Hotel Ciwareng In, Senin 11 September 2023.

Yusup Suprianto yang baru saja dilantik sebagai Ketua Bawaslu Kab. Purwakarta, setelah membuka acara sosialisasi juga mengungkapkan, diadakannya sosialisasi sebagai bentuk keseriusan Bawaslu bekerja sama dengan kalangan media massa yang ada di Kabupaten Purwakarta.
“Kita (Bawaslu) akan lebih mendekatkan diri kepada media sebagai bentuk keseriusan kita, supaya kedepannya lebih terjalin kebersamaan yang baik, karena media sangat dibutuhkan, khususnya buat bawaslu Purwakarta,”ungkap Yusup dikutip dari media detikNews.co.id.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dihadiri oleh puluhan media massa yang tergabung pada beberapa Organisasi dan Panwascam.

Dalam rangkaian acara, Bawaslu Purwakarta menghadirkan 2 Narasumber sebagai pemateri, yaitu Oyang Este Binos dan Fahmi Iswahyudi

Oyang Este Binos memaparkan materi tentang tanggung jawab, fungsi dan peran Pers dalam mengawasi setiap tahapan pemilu serta regulasi berkaitan dengan Bawaslu diantaranya, PKPU 15 Tahun 2023 tentang kampanya, PKPU 16 Tahun 2023 perubahan PKPU 14 tahun 2023 tentang perlengkapan pemungutan suara, PKPU 18 tahun 2023 tentang dana kampanye, Perbaswalu No. 8 tahun 2023 tentang pengawasan pencalonan.
“Teman pers memiliki tanggung jawab personal sebagai pemilih dan memiliki tanggung jawab profesi yang tidak bisa dianggap remeh yakni melakukan pengawasan partisipatif,”ucap Oyang Este Binos yang pernah berkecimpung dalam dunia Jurnalis.

Sementara Fahmi Iswahyudi yang merupakan Akademisi, menyampaikan materi mulai dari adanya isu SARA, Politik Uang, Netralitas ASN serta TNI/POLRI, Integritas dan Profesional penyelenggara pemilu hingga penanganan pelanggaran pemilu dan kampanye diluar jadwal yang sudah ditetapkan. (RS/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...