Kedatangan Presiden Jokowi, Pasar Johar Jadi Percontohan

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pasar Johar Karawang

Karawang – Pengelola Pasar Tradisional Johar, Karawang, Jawa Barat mengaku bangga atas kedatangan Presiden Republik Indonesia Widodo (Jokowi). Kedatangan orang satu di Tanah Air itu disambut pedagang Pasar Johar dan masyarakat Karawang, pada Kamis (14/9/2023).

Disana, ribuan warga berteriak histeris ketika Jokowi menyusuri kios demi kios di pasar Johar. Namun demikian Jokowi tidak sempat berdialog dengan pedagang Pasar Johar. Di tempat itu Kepala Negara hanya membagikan sembako dan kaus berwarna hitam bergambar dirinya kepada para pengunjung Pasar.

Sebelum mengunjungi Pasar Johar Karawang, Jokowi meninjau pabrik baterai listrik PT HLI Green Power di Kawasan Industri Artha Graha Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat. Kepala Negara datang menggunakan helikopter dan mendarat di kawasan pabrik PT HLI.

Usai meninjau pabrik baterai listrik terbesar di Indonesia itu, Jokowi beranjak makan siang di Rumah Makan Sindang Reret Karawang Barat. Setelah itu Jokowi, bergerak ke Pasar Johar Karawang sekira pukul 14.00 WIB, lebih lambat satu jam dari jadwal awal.

Pantauan media, Kepala Negara meninggalkan Pasar Johar sekira pukul 14.45 WIB untuk menuju Gudang Bulog di Kecamatan Purwasari. Di lokasi itu Jokowi melihat langsung stok beras milik pemerintah yang bisa disalurkan saat diperlukan.

Khusus di Pasar Johar, kedatangan Jokowi telah dinantikan warga sejak Kamis pagi. Suasana Pasar pun nampak lebih ramai dari biasanya.

Tiap sudut pasar dipadati warga yang menunggu kedatangan kepala negara. Keberadaan warga berbaur dengan petugas keamanan yang sengaja disiagakan di Pasar Johar sejak sehari sebelumnya.

“Saya sengaja datang ke Pasar Johar untuk melihat langsung Pak Jokowi. Selama ini saya hanya melihatnya di televisi,” ujar Yuda salah seorang warga Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur.

Sekitar pukul 10:00 pagi, sejumlah warga Karawang sudah berbaris rapih, menunggu kedatangan Presiden Jokowi di Pasar Johar, Kamis (14/9/23).

Berdasarkan pemantauan, Presiden Jokowi datang ke pasar johar pukul 13:55, didampingi menteri perdagangan, Zulkifli Hasan dan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Masyarakat yang melihat secara antusias berteriak sambil melambaikan tangan. “Pak Jokowi! Pak Jokowi! Pak Jokowi!”

Kedatangan Presiden Jokowi ke pasar johar salah satunya membagikan sembako untuk masyarakat Karawang, terkhususnya untuk pedagang kaki lima.

“Ada pembagian sembako juga 100, tapi simbolis aja, sekitar 15 orang untuk pedagang kaki lima juga,” ucap Manager Pengelola Pasar Johar, Novit Muhendar.

Menurut Novit, kunjungan Presiden Jokowi ke pasar Johar Karawang merupakan suatu kebanggaan.

”Ini tentunya suatu kebanggaan buat kami pasar Johar Karawang dikunjungi Pak Presiden,” ucapnya.

Novit berharap, pasca kedatangan Presiden Pasar menjadi pasar percontohan.

”Besar harapan tentu saja kedepannya perekonomian pedagang pasar lebih maju dan pasar Johar jadi percontohan,” tutupnya.

Usai membagikan sembako, Presiden Jokowi langsung melakukan pengecekan pasar dengan menyambangi sejumlah pedagang, sambil melemparkan baju ke kerumunan warga.

Warga yang mendapatkan baju dari Presiden Jokowi pun langsung lompat-lompat kegirangan.

“Tidak menyangka saya dapet bajunya saat berebut sama warga lain. Senang banget, makasih ya Pak Jokowi,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DPRD Karawang Gelar Sidang Paripurna Terkait Agenda LKPJ Bupati

Karawang – DPRD Kabupaten Karawang menggelar sidang paripurna dengan agenda ...