Gebyar Literasi Bagi Siswa untuk Mengetahui Metode Pembelajaran

Karawang – Hari ulangtahun Kabupaten Karawang tidak hanya di rayakan oleh orang dewasa saja, namun di rayakan pula oleh siswa SD. Hal ini terlihat dari adanya kegiatan perlombaan yang diadakan oleh SDN Karyasari. Kepala Sekolah SDN Karyasari, Rida Ratna menyampaikan kegiatan tersebut berupa gebyar literasi. Kegiatan ini untuk meningkatkan potensi peserta didik di bidang yang telah di miliki. Selain itu sebagai bentuk assesmen diagnostik.

“SDN Karyasari menggelar kegiatan program tahunan sekolah, sekaligus memeriahkan HUT Karawang ke 390. Kegiatan ini sengaja dijadikan satu, karena bentuk kegiatan ini memiliki tujuan yang sama dengan Slogan HUT Karawang ke 390 yaitu Samakta Nanjeur Lugina. Kegiatan SDN Karyasari adalah Gebyar Literasi yang merupakan unjuk kompetensi Peserta Didik dalam kemampuan Literasi dan numerasi, yang bertujuan untuk menjaring potensi peserta didik dibidangnya masing-masing yang nanti dapat diikut sertakan dalam kegiatan ditingkat kecamatan. Selain itu juga merupakan asesmen diagnostik,” ujarnya Jumat (15/9).

Ia melanjutkan asessment diagnostik bertujuan untuk mengenal karakter dan potensi siswa. Selanjutnya untuk dapat memperoleh metode dan media pembelajaran yang akan diterapkan kepada siswa. Ia menjelaskan pihak sekolah menerpakan sistem metode dan media pembelajaran berupa Pembelajaran Berdiferensiasi sesuai dengan kurikulum Merdeka dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Utuk mengenal karakter dan potensi peserta didik, sehingga dapat menemukan berbagai metode dan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran berdiferensiasi,” tambahnya.

Ia mengungkapkan sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebih terlihat dari peserta didik dapat berkembang sesuai potensinya masing-masing, menghargai berbagai perbedaan dan berprestasi sesuai bidang yang disukai. Meski begitu terdapat pula kekurangan yang terletak pada ketika di dalam satu kelas terdapat jumlah siswa melebih kapasitas.

“Ya, walaupun ada kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya peserta didik dapat berkembang sesuai potensinya masing-masing, menghargai berbagai perbedaan dan berprestasi sesuai bidang yang disukainya.Hal ini dituntut guru serba bisa, cerdas mengatur strategi, dan mempuni dalam penggunaan media yang pareatif. Dibutuhkan pengelolaan kelas yang maksimal,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dua warga binaan Lapas Karawang terima remisi Hari Raya Waisak

KARAWANG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang Kanwil Kemenkumham Jabar ...