Citra Amanda Finalis Duta Genre Tahun 2023

Finalis Duta Genre DPPKB Karawang Tehun 2023

Karawang – Citra Amanda (15), Finalis Duta Genre 2023 merupakan siswi di SMA Negeri 3 Karawang. Sebelum menjadi duta genre, ia telah menjadi menjadi wakil ketua PIK-R ketika SMP. Ia lahir di Karawang pada (18/7/2008). Ia menyampaikan organisasi tersebut berhasil mendapatkan prestasi di tingkat nasional. Selain itu ketika mendaftar di SMA pun ia menggunakan jalur PIK – R.

“Saya mengikuti duta genre karena dari SMP sudah ikut organisasi PIK – R, Alhamdulillah waktu itu organisasi saya lolos ke tingkat nasional. Ketika saya daftar SMA juga melalui jalur PIK – R,” ujarnya Selasa (26/9)

Ia mempunyai program yang mengutamakan tentang kesehatan reproduksi pada remaja. Program ini bernama Genrecare. Ia menjelaskan program ini diambil disebabkan oleh masih banyak remaja yang belum menjaga kesehatan reproduksi.

“Banyak sekali permasalahan pada remaja, karena saya juga masih remaja akan lebih mudah untuk berbagi ilmu dan sosialisasi kepada teman-teman remaja. Saya akan melakukan program Gencare (Genre Care Reproduction health) artinya genre peduli pada reproduksi remaja. Sampai sekarang masih banyak remaja yang tidak tahu menjaga reproduksi dan kesehatan reproduksi,” tambahnya.

Ia menggunakan cara melalui menjadi pembicara di saat Nimat Literasi yang diadakan oleh pihak sekolah. Ia menegaskan kesehatan reproduksi bukan menjadi hal tabu yang ada di remaja. Ia menyampaikan pihak sekolah memberikan dukungan penuh untuk dapat mengikuti duta genre.

“Melalui jajan sembarangan saja sudah sangat bahaya untuk kesehatan reproduksi kita. Saya di dukung penuh oleh pihak sekolah dan di sekolah saya ada Sekolah Siaga Kependudukan. Jadi setiap Jumat ada Jumat literasi dan saya menjadi pembicara, disitu saya memperkenalkan cara untuk menjaga reproduksi. Hal ini bukan menjadi sesuatu yang tabu dan perencanaan untuk diri sendiri sangat penting,” imbuhnya.

Prestasi yang telah diperoleh dengan memperoleh harapan tiga dalam perlombaan puisi di tingkat provinsi. Selain itu ia menyampaikan telah mengikuti beberapa perlombaan dalam bidang pidato.

“Baru saja Minggu lalu saya mendapatkan harapan tiga dalam lomba puisi di tingkat provinsi. Ini menjadi hal baru untuk saya karena biasanya saya mengikuti lomba pidato. Orangtua saya sangat bahagia, ketika saya mendapatkan selempang ini juga di saat mama saya ulangtahun. Saya berat di tugas sekolah saja karena satu Minggu lalu di sekolah ada PTS, saya akan mengikuti susulan untuk pts,”pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...