Dewan Akmaludin Sosialisasi Perda Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular

Karawang – Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Fraksi Partai Golkar, Akmaludin SH., melakukan sosialisasi Perda Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular di Kecamatan Jatisari, Selasa (10/10/2023).

Akmaludin mengatakan, Peraturan Daerah ini dimaksudkan untuk dijadikan sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan penyakit menular dan penyakit tidak menular di Daerah yang efektif, efisien, optimal, transparan, dan akuntabel.

“Pemerintah Daerah bertanggung jawab atas penyelenggaraan Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular beserta akibat yang ditimbulkannya di Daerah, dan juga harus menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan pada situasi KLB, Wabah, dan/atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat,” ujarnya.

Berdasarkan Perda tersebut, Pemerintah Daerah harus memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular di Daerah.

“Salah satu cara memberdayakan masyarakat ini adalah dengan membentuk Satuan Tugas hingga ke tingkat desa yang melibatkan masyarakat,” papar Akmaludin.

Anggota Komisi IV DPRD Karawang ini juga mengatakan, bahwa setiap orang berhak Mendapatkan jaminan atas pelayanan kesehatan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi di seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang ada di Daerah;

Kendati demikian, lanjut Akmaludin, masyarakat wajib turut serta mendukung terwujudnya penyelenggaraan Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular di Daerah yang efektif, efisien, optimal, tepat sasaran, berhasil guna dan berdaya guna, serta berkelanjutan dan berkesinambungan;

“Masyarakat juga harus mematuhi dan melaksanakan kebijakan dan program, dalam pelaksanaan Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular di Daerah,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...