Damkar Catat 148 Kebakaran Alang-alang di Karawang

Karawang – Kebakaran alang-alang pada lahan kosong tahun ini mencapai 148 kejadian, hal ini disebabkan musim kemarau sehingga alang-alang mudah terbakar.

Kepala bidang pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohmat mengatakan, dari data pada bulan Januari sampai September tahun 2023 kebakaran mencapai 279 kejadian.

“Untuk kebakaran alang-alang paling besar capai 148 kejadian, rumah tinggal 53 kejadian, bangunan gedung atau gudang 15 kejadian, ruko atau kios 19 kejadian, industri 5 kejadian, limbah 17 kejadian, kendaraan 10 kejadian, panel atau tiang listrik 8 kejadian, kompor dan tabung gas 3 kejadian dan yang lain 1 kejadian, ” katanya.

Rohmat menambahkan, kebakaran alang – alang saat ini hampir setiap hari terjadi, untuk penyebab kebakaran diduga bisa berasal dari putung rokok atau pun pembakaran sampah yang apinya merambat ke alang-alang.

“Saya menghimbau kepada masyarakat apabila ada alang-alang sudah tinggi tolong di pangkas, dan pihak RT tolong mengkomunikasikan kepada pemilik lahan, setelah di pangkas jangan dulu di bakar tapi dikumpulkan dulu dan kepada masyarakat juga jangan membuang sampah sembarangan dan membakarnya karena sekarang anginnya kencang yang dapat menyebabkan kebakaran besar dan juga jangan membuang putung rokok sembarangan,”pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rayakan Hari Kartini Lira Medika Gelar Family Festival di Resinda Park Mall

KARAWANG-Momen Hari Kartini 21 April 2024 lalu digunakan Rumah Sakit ...