Darurat Kekeringan Karawang Selatan, Dinas Salurkan Air Bersih untuk Masyarakat

Karawang – Bantuan air bersih dari Dinas Sosial Kabupaten Karawang untuk Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru.

Masyarakat di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan hingga sekarang masih membutuhkan air bersih. Dani Sonjaya, Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Dinas Sosial menyampaikan pihak Dinas Sosial telah mengirimkan bantuan air bersih kepada masyarakat di dua kecamatan tersebut.

Ia menjelaskan untuk masyarakat di Kecamatan Pangkalan telah disalurkan air bersih sebanyak 3.500 liter air bersih. Distribusi ini dilakukan selama dua hari.

“Untuk bencana kekeringan ini kita menyalurkan air bersih di dua kecamatan, Tegalwaru dan Pangkalan. Di Pangkalan di Desa Cinta Asih dan Cinta Wargi sebesar 3.500 liter air. Di Tegalwaru kita cuma kirim 1000 liter,” ujarnya Selasa (17/10/2023)

Distribusi air ini telah bekerjasama dengan pihak PDAM dan PMI Kabupaten Karawang. Selain itu terdapat pula bantuan dari relawan yang berasal dari Bandung. Ia mengaku kondisi jalan menuju pemukiman warga setempat terjal. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam proses distribusi.

“Kendala tidak ada karena kita juga kerjasama dengan PDAM dan juga PMI. Kita juga dibantu oleh relawan dari Bandung, cuma memang jalan ke pemukimannya cukup terjal karena dataran tinggi. Alhamdulillah distribusi sejauh ini lancar tapi kita harus hati-hati,” tambahnya.

Ia menjelaskan warga di dua kecamatan itu telah mempersiapkan mental untuk menghadapi kekeringan yang terjadi saat ini. Ia mengungkapkan dua desa yang terdapat di Kecamatan Pangkalan ketika musim hujan pun mengalami kesulitan dalam memperoleh air bersih. Meski begitu warga telah membuat penampungan air.

“Sementara ini mental mereka sudah siap bahkan ketika musim hujan pun di dua desa di Kecamatan Pangkalan itu terkadang sulit air bersih juga. Mereka menampung air hujan saja melalui penampungan air. Seharusnya kita penyalurannya setiap hari tapi kita bergilir tergantung jadwal yang diberikan oleh BPBD. Sekarang belum ada permintaan bantuan air bersih lagi dari BPBD ke kita,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rayakan Hari Kartini Lira Medika Gelar Family Festival di Resinda Park Mall

KARAWANG-Momen Hari Kartini 21 April 2024 lalu digunakan Rumah Sakit ...