Pemerintah Anggarkan Beasiswa Karawang Cerdas 20 Miliar

Subkoordinator Substansi Kesejahteraan Sosial, Ahmad Nurjaya

Karawang – Program Karawang Cerdas kembali di buka di tahun 2023. Subkoordinator Substansi Kesejahteraan Sosial, Ahmad Nurjaya menyampaikan untuk tahun ini anggaran untuk Karawang Cerdas sebesar 20 milliar. Ia menyampaikan untuk kloter SD saat ini tidak ada pendaftaran bagi penerima terbaru. Kloter SD hanya dibuka bagi penerima lanjutan Covid 19

“Pembukaan Kacer itu tanggal (9/10) kemarin dengan jumlah anggaran 20 milliar untuk semua tingkatan dan sekolah yang luar negeri. Untuk kloter SMP maupun Perguruan Tunggu ada lanjutan kuota untuk Covid dan penerima baru, di kloter SD sekarang sudah tidak ada pendaftaran bagi penerima baru,” ujarnya Selasa (17/10/2023)

Ia menambahkan untuk kuota penerima hingga sekarang belum dapat diketahui. Kuota akan diketahui ketika batas terakhir pendaftaran. Masing-masing penerima bantua Kacer untuk tingkat SD hingga SMA akan menerima dana sebesar 1 juta. Kemudian untuk tingkat perguruan tinggi akan menerima dana bantuan sebesar 6 juta.

“Masing-masing kuota belum dapat diketahui untuk sekarang baru dapat diketahui nanti saat akhir karena dari 20 milliar ini nanti akan dipotong dulu untuk kuota lanjutan. Artinya lanjutan akan terlihat baru nanti sisanya untuk penerima yang baru. Masing-masing penerima dari SD sampai SMA dapat 1 juta per orang, untuk perguruan tinggi nya 6 juta,” tambahnya.

Ia menjelaskan untuk persyaratan tidak terdapat penambahan dari tahun sebelumnya. Bagi masyarakat di luar Kabupaten Karawang yang telah lama tinggal Karawang dapat mengikuti program ini. Meski begitu terdapat syarat wajib bagi warga luar Karawang berupa lulusan dari sekolah yang terdapat di Karawang.

“Persyaratannya sama seperti tahun sebelumnya wajib warga Karawang dan ditunjukkan melalui kartu keluarga. Bagi warga luar Karawang yang sudah lama tinggal di Karawang boleh ikut tapi harus SD sampai SMA nya harus di Karawang. Nanti akan ada rapat pleno juga untuk program ini,” imbuhnya

Pendaftaran di buka sejak (9/10) sampai dengan (31/10). Diberikan tambahan waktu hingga (2/11) untuk melakukan pengiriman berkas. Selanjutnya pada (20/11) memasuki tahap pengumuman hasil penerima dan pembuatan surat keputusan. Kemudian pada Desember akan proses penyaluran dana bantuan kepada peserta yang lolos.

“Pembukaannya dari (9/10) sampai (31/10) tapi ada penambahan waktu selama dua hari sampai (2/11) untuk pengiriman berkas. Berkas di kirim ke PO BOX 777 bagian Kesra. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala, dari SD harus di dampingi untuk tata cara pendaftarannya. Kita sudah kirim surat pemberitahuan melalui kecamatan dan desa, bahkan sudah kita share di media sosial juga,” jelasnya.

Terdapat fitur terbaru di dalam aplikasi Karawang Cerdas. Aplikasi ini akan mempermudah sekolah dalam mengetahui data siswa yang mengikuti dan lolos program Kacer tahun 2023.

“Kami ada fitur terbaru di aplikasi Kacer, ada aproper setiap sekolah. Setiap siswa yang mendaftar sekolah akan langsung mengetahui, jika tahun lalu sekolah tidak mengetahui. Setelah ada pendaftaran kita akan kirim data siswa yang mendaftar. Kita menggunakan website untuk aplikasinya, terkadang ada kendala di websitenya namun sejauh ini masih bisa kita atasi,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penataran Pelatih, Juri dan Nayaga PPSI Karawang Upaya Melestarikan Budaya Seni Pencak Silat

Karawang – Penataran pelatih, juri dan nayaga yang diselenggarakan Persatuan ...