Polres dan Pemda Karawang Bentuk Satgas Kolaboratif Atasi Kenakalan Remaja

Penandatanganan kolaborasi kenakalan remaja di Karawang

Karawang – Polres dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat membentuk satuan tugas (satgas) kolaboratif guna mengatasi kenakalan remaja.

Kenalakan remaja itu meliputi tawuran, perundungan atau bullying, maupun asusila. Tak hanya itu, satgas kolaboratif juga dibentuk guna mencegah terjadinya pernikahan usia dini, anak terlantar maupun anak putus sekolah.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, satgas kolaboratif ini meliputi dari unsur kepolisian, TNI, pemkab, Kementerian Agama, sekolah, guru BK, psikolog, siswa hingga orangtua.

Tugas utamanya ialah melakukan pencegahan terhadap kenakalan remaja yang terjadi di Karawang.

“Ketika ada kenalakan remaja, kita pengen tahu dulu fenomena ini kita telusuri latar belakangnya. Guru BK, psikolog, dan lainnya cek karena aspek pencegahan kita utamakan bukan kuratif atau penegahak hukum,” kata Wirdhanto di SMK Teknologi Karawang pada Rabu (18/10/2023).

Wirdhanto menerangkan, kondisi kenakalan remaja di Karawang karena pengaruh dari luar yabg harus ditindaklanjuti secara kerjasama bersama.

Peran semua sangat penting, selain Kepolisian, TNI, pemda, sekolah juga orangtua juga dalam menjaga anak-anaknya.

“Sekali lagi kita kedepankan pencegahan agar tingkatkan kualitas generasi muda. Kemudian juga sedang digodok juga aturan daerah dibahas ditingkat DPRD tentang ketertiban umum,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyampaikan pihaknya mendukung langkah polres dalam pencegahan kenakalan remaja.

“Kita bersama-sama lakukan penandatanganan untuk pencegahan kenalakan remaja pernikahan usia dini dan deklarasi pelajar Karawang,” katanya.

Cellica berharap upaya ini agar dapat mempersiapkan generasi Indonesia emas 2045. Selain, memiliki keterampilan dan kemampuan mempuni. Generasi mudanya juga mempunyai budi pekerti luhur, dan kesopanan dalam keseharian.

“Hari ini kita buat satgas kolaboratif, dari dinas pendidikan juga ada satgas-satgas pelajar, termasuk di sekolah ada juga. Artinya, ini semua berusaha agar para pelajar kita ini terhindar dari kenakalan dan bisa wujudkan generasi emas,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DPRD Karawang Gelar Sidang Paripurna Terkait Agenda LKPJ Bupati

Karawang – DPRD Kabupaten Karawang menggelar sidang paripurna dengan agenda ...