Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan Dalam Lingkup PT Chang Shin Indonesia

Oleh : Annisa Rizki Amalia

PT Chang Shin Indonesia adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Industri Manufaktur. Yang berlokasi di Kecamatan Klari dan Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Perusahaan ini memiliki pekerja sebanyak 17.824 dengan presentase pekerja perempuan sebanyak 89%.

Ditengah banyaknya isu tentang pelecehan dan diskriminasi terhadap pekerja perempuan, sampai hari ini PT Chang Shin tetap konsisten menjalankan komitmennya. Yaitu memberikan perlindungan dan melakukan pemberdayaan terhadap pekerja perempuan melalui program dan kegiatan yang diadakan oleh perusahaan.

Pada tahun 2021, PT Chang Shin Indonesia mendapatkan penghargaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dari Gubernur Jawa Barat dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa PT Chang Shin terus bergerak secara konsisten untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada pekerja perempuan.

PT Chang Shin juga secara berkelanjutan melakukan kampanye mengenai Kesetaraan Gender di tempat kerja. Guna mendorong dan memberikan kesadaran bahwa semua pekerja memiliki hak, kesempatan dan peluang yang sama. Hal ini dibuktikan semakin banyak pekerja perempuan yang menduduki jabatan penting di perusahaan. Mulai dari level Supervisor hingga Deputi Direktur dengan presentase sebesar 41%.

Bulan Kesehatan Pekerja Perempuan (Women’s Health Event)

Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dilakukan PT Chang Shin melalui berbagai kegiatan yang diadakan seperti ; Bulan Kesehatan Pekerja Perempuan (Women’s Health Event), kegiatan Bulan Kesehatan Pekerja Perempuan atau Women’s Health Event. Ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh perusahaan dengan berbagai macam kegiatan yang mendukung Kesehatan. Pekerja perempuan juga di perusahaan mendapatkan layanan Kesehatan lainnya, seperti KB gratis, Papsmear Test, Berbagai Seminar Kesehatan termasuk Kesehatan Mental dan lainnya.

Pekan Ibu Hamil

Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang yang dihadiri juga oleh Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, PT Chang Shin Indonesia melakukan Deklarasi Ibu Hamil Indonesia dalam Mencegah Anak Stunting.

Pekan Asi Nasional

Berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D dan Wakil Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh, S.E dalam memperingati hari ASI Dunia, PT Chang Shin Indonesia melakukan kegiatan Talkshow dengan mengusung Tema “Dukung Ibu Bekerja dan Menyusui”.

Seminar Kesetaraan Gender dan Anti Kekerasan dan Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

PT Chang Shin Indonesia sangat peduli terhadap isu Diskriminasi dan Kekerasan dan Pelecehan Seksual kepada pekerja perempuan. Oleh karena itu, PT Chang Shin berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Karawang mengadakan seminar dengan mengusung tema “Kesetaraan Gender dan Anti Kekerasan dan Pelecehan Seksual di Tempat Kerja”.

Melalui seminar ini, PT Chang Shin berharap semua pekerja dapat lebih peduli terhadap isu Diskriminasi dan Kekerasan dan pelecehan seksual di tempat kerja. Sehingga dapat tercipta lingkungan kerja yang nyaman dan aman terutama untuk pekerja perempuan.

PT Chang Shin Indonesia akan terus berupaya untuk melaksanakan program Kesetaraan Gender serta Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan sejalan dengan komitmen CEO kami “Menciptakan budaya organisasi berdasarkan kesetaraan, keragaman dan inklusi adalah arah yang kami tuju”.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...