Gandeng Pelajar, DPC JBN Purwakarta Adakan Wasbang

Purwakarta – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Jurnalis Bela Negara (JBN) Kabupaten Purwakarta kembali menjalankan terobosan program kerjanya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar tingkat SMP se-Kabupaten Purwakarta, pada Senin 30 Oktober 2023.

Kali ini, JBN bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, menyasar ratusan pelajar SMP dari berbagai wilayah di Kabupaten Purwakarta untuk dibekali Wasbang.

Bertempat di Bale Sawala Yudistira Pemkab Purwakarta, pembekalan Wasbang kali ini menghadirkan berbagai narasumber.

Di antaranya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Polres Purwakarta, Kodim 0619/Purwakarta, Badan Kesbangpol Kabupaten Purwakarta dan Tokoh pemuda.

Ketua JBN Purwakarta Andi Hendrik Solihin melalui Ketua pelaksana kegiatan yang juga menjabat sebagai Bendahara JBN Deni Ramdani menyampaikan, bahwa JBN terus melakukan gebrakan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi Wasbang kepada para pelajar.

“Saat ini kami fokus kepada pembekalan Wasbang bagi pelajar. Jika pekan kemarin yang menjadi peserta adalah perwakilan pelajar tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Purwakarta dan digelar di Gedung Dewan, maka hari ini sasarannya pelajar SMP. Pokoknya gaspol terus,” kata Deni optimis.

Sementara itu, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Ikhwan Awaludin Firdaus, S.T., M.M.Pd., menyebutkan, program ini merupakan salah satu gebrakan JBN yang sangat positif.

“Mudah-mudahan program ini terus berjalan dengan baik dan diharapkan JBN bisa menjadi mitra kerja, khususnya dengan sekolah-sekolah. Karena, pembinaan ke siswa itu perlu dari berbagai aspek,” ujar Ikhwan.

Kepedulian JBN dan kawan-kawan komunitas melalui pembekalan Wasbang ini, lanjut Ikhwan, sangat penting bagi pembentukan karakter pelajar.

“Kami apresiasi dan mudah-mudahan ke depannya bisa terus bersinergi dengan Dinas Pendidikan maupun pihak lainnya,” ucap Ikhwan menambahkan.

Dinas Pendidikan, kata Ikhwan, akan mendukung penuh dan mudah-mudahan bisa berkolaborasi di lapangan. “Sehingga, program-program yang disiapkan oleh Dinas Pendidikan bisa teraplikasi dengan program JBN,” katanya.

Senada disampaikan Kepala SMPN 1 Sukasari Heri Kusnandar yang turut hadir mendampingi siswanya mengikuti pembekalan Wasbang.

“Kami dari Sukasari yang notabene berada di ujung Kabupaten Purwakarta turut mengutus beberapa siswa untuk mengikuti pembekalan Wawasan Kebangsaan ini,” ujar Heri.

Artinya, lanjut dia, kegiatan ini sangat bagus dan penting tersampaikan kepada para pelajar. “Terus terang saja, wawasan kebangsaan ini sangat dibutuhkan apalagi di zaman digitalisasi dan zaman medsos sekarang ini,” ucapnya.

Wasbang ini, kata Heri, dapat menjadi filter perilaku siswa dalam menyikapi dampak dari kemajuan teknologi. Terutama, di bidang perilaku dan moral termasuk kultur dan budaya bangsa Indonesia.

“Kami menaruh harapan besar melalui kegiatan seperti ini, terutama untuk anak SMP yang masih tahap perkembangan. Sehingga, dapat mengenal dan lebih mencintai bangsanya. Dan, meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme yang kuat,” kata Heri.

Pada kesempatan itu Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Ahmad Apandi melalui Danramil 04/Campaka Lettu Inf Tri Rahmat Wijaya menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan itu adalah mencerminkan pengabdian dan penghormatan kita kepada Orang Tua (Ibu) begitu juga dengan cinta tanah air (Ibu Pertiwi).

“Pada dasarnya Ibu melahirkan anak begitu juga sama halnya dengan Ibu Pertiwi melahirkan Kemerdekaan. Kepada tanah air tercinta ini kita harus memberikan pengabdian dan penghormatan yang sama dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang selayaknya kepada orang tua kita semua yang telah melahirkan kita. Karena hal itu merupakan terkecil dari Bela Negara,” ucapnya.(RS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...