Nuansa Kirab Pemilu 2024 di Kecamatan Kotabaru Unik dan Menarik

Petugas pemilu sedang memberikan penjelasan pada masyarakat

Karawang – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mensukseskan pemilu 2024. PPK Kecamatan Kotabaru melaksanakan Kirab Pemilu dengan berbagai rangkaian yang menarik dan unik.

Hal itu dilakukan agar esensi atau pesan yang sampaikan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat, sehingga kesadaran masyarakat bisa lebih tinggi untuk menggunakan hak pilih serta bisa menjadi pemilih yang berkualitas.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia PPK Kotabaru Samsudin mengatakan, berdasarkan instruksi dari KPU Kabupaten Karawang, bahwa untuk masing-masing kecamatan, desa dan kelurahan agar dapat melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih.

“Kita langsung rapat dengan PPS yang ada di Kecamatan Kotabaru, agar masing-masing PPS melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih sehingga nuansa kirab pemilu bisa langsung dirasakan sampai ke tingkat bawah,” ucapnya.

Masih dikatakannya, dari semua PPS yang ada kecamatan tersebut, melaksanakan kirab pemilu dengan berbagai rangkaian yang menarik dan unik. Diantaranya, melaksanakan woro-woro menggunakan mobil dan diikuti beberapa motor atau konvoi. Selain itu, melaksanakan kirab pemilu dengan cara sosialisasi ke majlis ta’lim dan mendatangi langsung kepada masyarakat dengan membuka stand di pasar tumpah.

“Kita jadikan kirab pemilu ini sebagai ajang sosilisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat. Sebab dalam agenda kirab ini pun kita juga memberikan beberapa materi. Mulai dari tahapan-tahapan pemilu, warna surat suara, tanggal pelaksanaan pemilu dan ajakan masyakat untuk jangan lupa datang ke tps pada saat pelaksanaan pemilu 2024,” tuturnya.

Lelaki yang mempunya satu ini berharap, dengan adanya kirab pemilu bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dan menumbuhkan kesadaran dalam menggunakan hak suara, sehingga bisa menjadi pemilih yang berkualitas. Dengan demikian, maka bisa menciptakan pemimpin yang berkualitas untuk membangun bangsa dan negara.

“Mudah-mudah pemilu 2024 bisa berjalan dengan lancar, damai dan tidak ada sengketa,” Harapnya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia PPS Desa Pucung Osa Siti Sawiyah mengatakan, meski dilaksanakan di hari terakhir, namun esensi kirab pemilu masih dapat dirasaakan langsung oleh masyarakat desa pucung dan pengunjung pasar lainnya.

“Sebab teknis kegiatan tersebut dilaksanakan di pasar tumpah dengan menyapa para pedagang pembeli. Selain itu, kami pun buka stand untuk memudahkan para pengunjung mengetahui informasi terkait pemilu 2024,”

Lanjutnya, adapun rangkaian kirab pemilu pihaknya membagikan pamflet pemilu, kemudian menyapa para pengunjung dan para pedagang pasar tumpah yang ada di pasar desa pucung.

“Selain itu kami pun memberikan souvenir atau kenang-kenangan berupa gantungan kunci (dengan tema pemilu), bagi masyarakat yang berantusias dapat menjawab pertanyaan terkait pemilu dan yang mengunjungi stand kami. Kemudian, kami pun membuka dialog publik bersama PPS terkait persiapan pemilu 2024. Mari kita jadikan pemilu sebagai sarana integritas bangsa,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...