Penerapan P5 Melalui Sisi Agama Bagi Siswa di SMAN 3 Karawang

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Nurdin Sidik

Karawang – Penerapan program Project P5 di SMAN 3 Karawang dilakukan melalui sisi keagamaan

Program project P5 diterapkan di SMAN 3 Karawang melalui sisi keagamaan. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Nurdin Sidik menyampaikan program ini tidak hanya untuk siswa kelas X saja, namun akan mulai diterapkan bagi siswa kelas XI pada semester selanjutnya. Ia mengaku adanya penerapan program tersebut dari sisi agama dapat mengubah dan membentuk karakter siswa. Ia melanjutkan program itu mengajarkan terkait tata cara berbicara kepada sesama dan orang yang lebih tua. Kemudian mengajarkan juga tentang pengambilan sikap ketika melihat sampah.

“Kalau pendidikan karakter itu dari dulu sudah terkenal dari sisi religi. Di kelas XI itu ada program di semester depan ada program khusus yang mengarah ke pendidikan karakter untuk anak. Dari sisi agama juga bisa membentuk karakter kepribadian anak. Tata cara berbicara ke sesama, lebih tua dan sikap ketika melihat sampah,” ujarnya Selasa (28/11/2023).

Ia menjelaskan di sekolah telah di tempel poster terkait P5. Selain itu ada pula penerapan program 5S, 7K dan 5R bagi siswa. Ia menyampaikan pihak sekolah akan menyentuh hati siswa terlebih dahulu, sebelum mengubah karakter siswa.

“Kami juga memasang poster, menerapkan program 5S, 7K dan 5R. Kita juga tekankan nilai-nilai agama, ketika anak di sentuh hatinya insyallah fisiknya juga akan tergerak,” tambahnya.

Perubahan selanjutnya terlihat dari sikap siswa yang ingin mengeksplore kemampuan diri. Program ini juga membuat siswa semakin meningkatkan inspirasi dalam menciptakan karya.

“Anak lebih mau mengeksplore diri sendiri dan memiliki inspirasi dari project P5 ini. Anak juga bisa amati, tiru dan kemudian bisa memodifikasi suatu hal,” tutupnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...