Disdikpora Berikan Keterampilan Bagi Siswa

Karawang – Program Karawang Cerdas di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga berupa pemberian pelatihan kemampuan bagi siswa.

Siti Imas Marsitoh, Kepala Bidang Paud Dikmas menjelaskan untuk jenis Pendidikan Kecakapan Kerja kategori kecantikan kulit ada sebanyak 165 siswa. Ia melanjutkan sebelum diberikan sertifikat, seluruh siswa telah diberikan pelatihan selama tiga bulan. Selanjutnya setelah ini seluruh peserta dapat mengikuti magang dan bekerja di salah satu klinik kecantikan yang telah menjalin kerjasama.

“Hari ini kita melakukan penutupan program Karawang cerdas pendidikan kecakapan kerja. Kalau di kegiatan ini ada 165 siswa, ini program keseteraan aja tidak ada tingkat SD dan SMP. Sesuai dengan program kecakapan kerja, program pelatihannya hanya tiga bulan. Akan ada tindak lanjut dari klinik kecantikan untuk magang dan bisa bekerja,” ujarnya Kamis (30/11/2023)

Ia melanjutkan terdapat pula kategori komputer, menjahit, otomotif, service AC. Ia mempunyai harapan agar setelah lulus siswa dapat melakukan implementasi ilmu yang telah diperoleh.

“Kalau sekarang hanya program kecantikan saja yang sudah penutupan tapi ada juga kategori komputer, menjahit, otomotif, service AC. Tidak ada batasan jumlah tapi tergantung dari PKBM nya. Harapan kami, mereka lulus di pendidikan keseteraan bisa mengimplementasikan keterampilannya di masyarakat untuk menghidupi keluarga,” tambahnya

Kepala Seksi Paud Pendidikan masyarakat, Kosim Taryana menambahkan jika untuk program Karawang Cerdas yang dikelola oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga berupa pemberian pelatihan keterampilan. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2023. Ia menjelaskan jumlah siswa di masing-masing kategori berbeda-beda.

“Kalau di kami itu program Karawang Cerdasnya bukan berupa beasiswa tapi hanya berupa pemberian pelatihan keterampilan. Kami menjalankan ini sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2023. Di bidang otomotif ada 70 siswa, di service AC ada 50 siswa, komputer ada 375 siswa, tata rias pengantin ada 70 siswa dan kecantikan kulit ada 165 siswa. Ada juga siswa yang memilih kategori pendidikan kecakapan wirausaha dan pendidikan kecakapan hidup,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.904 Unit Rutilahu Siap Dibangun Tahun 2024

Karawang – Target pembangunan rutilahu di tahun 2024 sebanyak 1.904 ...