Minat Jadi KPPS di Pemilu? Yuk Daftar

Kantor KPU Karawang

Karawang – Pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 Se- Kabupaten Karawang akan dibuka pada tanggal 11 Desember 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Karawang, Ikmal Maulana, saat ditemui usai Rapat Koordinasi persiapan pembentukan kpps 2024 Se-Karawang.

Dikatakan Ikmal, untuk waktu pendaftaran anggota KPPS akan dimulai pada 11 Desember 2023 hingga 20 Desember 2023. Dan akan diumumkan hasilnya pada 24 Januari 2024, dengan masa kerja selama 1 bulan mulai dari 25 Januari 2024 hingga 25 Februari 2024.

“Pendaftaran dimulai pada 11 Desember sampai 20 Desember 2023, tanggal 24 Januari 2024 penetapan dan tanggal 25 Januari Pelantikannya,” kata Ikmal.

Lebih lanjut, kata Ikmal, ada beberapa persyaratan yang berubah pada persyaratan pendaftaran calon anggota KPPS pada Pemilu 2024, salah satunya kompetensi anggota.

“Persyaratan umum dalam pendaftaran calon anggota KPPS sudah tertuang pada Keputusan KPU 67 tahun 2023, perubahan atas keputusan KPU Nomor 476 tahun 2022 yaitu batas usia calon anggota 17 samlai 55 tahun dan Kompetensi utamanya memiliki keunggulan keahlian dibidang IT karena dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti akan menggunakan aplikasi Sirekap,” jelasnya.

Ikmal juga menjelaskan jika kaitan dengan kebutuhan batas usia dalam kelompok anggota KPPS dapat ditentukan sebagaimana diperlukan dari pihak PPS setempat.

“Kita tidak mematok, yang penting sesuai dengan aturan yang ada. Untuk formasi, jika ingin 70 persen yang muda dan 30 persen yang sudah lebih tua, itu bagaimana kebutuhan PPS setempat,” ujarnya.

“Akan tetapi, jika bicara untuk regenerasi, lebih baik diperbanyak anggota KPPS mudanya,” imbuhnya.

selain itu, Ikmal juga menyebut jika kebutuhan KPPS di Karawang sendiri ada sekitar 48.230 anggota, yang akan disebar di 6.890 tps di 309 Desa atau Kelurahan di Kabupaten Karawang.

“Masing-masing tps 7 anggota KPPS, jadi ada sekitar 48.230 anggota KPPS jika menghitung dari jumlah tps yang tersebar di Karawang,” katanya.

Kemudian, Ikmal juga membeberkan honor ketua, anggota KPPS hingga Pamsung yang akan bertugas pada Pemilu 2024.

“Honor Ketua KPPS sebesar Rp. 1,2 Juta, Anggota KPPS Rp. 1,1 Juta dan untuk honor Pamsung atau linmas sebesar Rp. 700ribu,” ujarnya.

Adapun persyaratan pendaftaran calon anggota KPPS Pemilu 2024, yakni sebagai berikut ;

1.. Warga Negara Indonesia.
2.. Batas Usia 17 – 55 tahun.
3.. Mempunyai integritas dirinyang kuat, jujur dan adil.
4.. Tidak menjadi anggota partai politik, atau tidak lagi menjadi anggota partai politik paling singkat 5 tahun.
5.. Berdomisili dalam wilayah kerja penempatan KPPS.
6.. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.
7.. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.
8.. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

selain itu, Ikmal juga menyebut jika kebutuhan KPPS di Karawang sendiri ada sekitar 48.230 anggota, yang akan disebar di 6.890 tps di 309 Desa atau Kelurahan di Kabupaten Karawang.

“Masing-masing tps 7 anggota KPPS, jadi ada sekitar 48.230 anggota KPPS jika menghitung dari jumlah tps yang tersebar di Karawang,” katanya.

“Dengan adanya pelaksaan pendaftaran calon anggota KPPS nanti, kita juga meminta kepada PPS dan PPK setempat untuk memastikan agar setiap anggota KPPS ada yang memang handal menggunakan IT dan dipastikan dalam kondisi yang sehat agar memaksimalkan kinerja di TPS nanti,” lanjut Ikmal.

Untuk Pengamanan Langsung Pemilihan Umum (Pamsung) atau Petugas Ketertiban TPS, lanjut Ikmal, tidak ada persyaratan khusus dalam seleksinya.

“Tidak ada, kalau memang linmas di wilayah tps nya ada, boleh langsung menggunakan linmas. Tapi, kalau tidak ada, bisa menarik tokoh masyarakat sekitar untuk dijadikan Pamsung atau PTPS,” tandasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sinyal Kuat PDIP dan PKS Berkoalisi

Karawang – Jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karawang silaturahmi ...