Pra Muskab Bahas Pencalonan Ketua IPSI Karawang

Paguron se-Karawang foto bersama usai pra Muskab IPSI Karawang

Karawang – Pra Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karawang telah dilaksanakan dengan khidmat. Sebanyak 37 perguruan pencak silat dari 64 yang terdaftar di IPSI Karawang mengikuti kegiatan tersebut. Tak terkecuali Pengcam IPSI Batujaya juga ikut serta Pra Muskab di Aula Masjid Al Gammar Jalan Interchange Tol Karawang Barat, Minggu 10 Desember 2023.

Ketua Pelaksana Muskab IPSI Karawang, Saepudin Lubis mengatakan, Pra Muskab digelar sebelum Muskab dengan tujuan mematangkan sebelum pelaksanaan.

“Beberapa draf yang dibahas di dalam Pra Muskab. Dari tata tertib hingga ke pemilihan calon Ketua IPSI kita bahas tuntas. Agar nanti di Muskab tidak lagi ada perdebatan,” kata Lubis.

Kata dia, tahapan demi tahapan dilakukan. Sampai menunggu pelaksanaan di Muskab Januari 2024. Ia mempersilakan pada bakal calon untuk mempersiapkan diri dan berkas persyaratan.

“Persyaratan sudah disiapkan sebagaimana di dalam draf. Nantinya akan disepakati forum. Salah satu poin nya adalah mendapatkan rekomendasi 15 perguruan aktif yang terdaftar di IPSI Karawang,” kata dia.

Sebelumnya Lubis juga mengatakan masa jabatan pengurus IPSI telah habis. Berdasarkan AD/ART organisasi harus digelar musyawarah untuk menentukan ketua dan pengurus periode 2024-2027.

Oleh karena itu, IPSI telah membentuk kepanitiaan untuk melaksanakan Muskab IPSI Karawang.

“Dalam rapat IPSI bersama perguruan silat Oktober 2023 lalu telah memutuskan dan menetapkan kepanitiaan Muskab IPSI. Terdiri dari pengurus IPSI dan perguruan silat yang bersedia menjadi panitia,” kata Lubis.

Setelah dibentuk dan di SK-an panitia Muskab, lanjut Lubis, panitia langsung melakukan rapat menyusun proses pelaksanaan Muskab. Telah memutuskan poin-poin tahapan Muskab. Terdiri rapat panitia dan sosialisasi peraturan Muskab ke seluruh perguruan Silat yang terdaftar di IPSI Karawang.

“Sosialisasi Muskab IPSI telah dilaksanakan tanggal 26 Nopember 2023 di GOR Panatayudha. Kemudian dilanjutkan Pra Muskab 10 Desember 2023 dan Pelaksanaan Muskab di Januari 2024,” katanya.

Pra Muskab itu dibuka oleh Ketua IPSI Karawang yang diwakilkan pada Sekretarisnya Dony Subiyantoro. “Semoga Muskab ini menghasilkan keputusan bersama untuk kemajuan pencak silat di Karawang,” pungkasnya.(***)

Daftar Perguruan Pencak Silat yang terdaftar di IPSI Karawang

Tapak Suci
PSHT Cab.Kab.Karawang
Persinas Asad
Tadjimalela
Raksa Budhi
Pusaka Kencana
Gaya Murni
Satria Muda Indonesia
Macan Kumbang
Wahyu Alam
Al-Ikhlas 09
Dampal Bumi
Suryapati
IKSPI Kera Sakti
Macan Merah
PSHT Cabang Karawang
Pusaka Wangi
Bajing Kiring
Asmaul Husna
Merpati Putih
Karang Tumaritis
Kencana Wulung
Suliwa
Kateda Sanggabuana Nusantara
Tali Wargi Siliwangi
Lebah Putih
Panca Rasa
Kilat Mas
KPSN
PSN Perisai Putih
Pagar Nusa
Perisai Diri
Purwa Kencana
Tribuana
Cakra Buana
Kencana Mekar
Pusaka Medal
SinLamBa
Sera Garuda Melayang
Mustika Muncul
Maung Tali Wargi
Tumaritis Kala Hitam
Unsika
Mustika Cakra Kembar
Nagawulung
Margaluyu
Tapel Kilat Buana
Asma
Lodaya
Sonda Salawarna
Al Bukhiya
Godot
Tunas G
Walet Putih
Tumaritis Gelar Kencana
Kateda Indonesia
Alif Jati
Raga Jati
TBOK
Pangraksa Diri
Panca Sukma Siliwangi Indonesia
Sinar Pusaka
Tapak Siliwangi
Mekarjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...