39 Tahun Menekuni Musik, Raden Freddy Harumkan Kota Karawang

Raden Freddy Suntara,

Karawang – Seniman Karawang yang mengharumkan nama Karawang di tingkat nasional melaluia karya dan prestasi yang diraih. Raden Freddy Suntara, pria kelahiran 19 Agustus ini telah memulai karir di industri musik sejak tahun 1980. Genre musik pertama yang ia tekuni di rock. Setelah beberapa tahun menggeluti genre itu, mulai beralih mempelajari genre poprock dan kemudian menjadi pop Indonesia. Selaniutnya di 10 tahun berkarir, ia memulai rekaman versi analog untuk merekam lagu barat.

“Saya berkarir musik di tahun 1980 an di genre rock lalu ke poprock akhirnya ke pop Indonesia. Di tahun 1990 saya ke Jakarta untuk rekaman analog yang masih menggunakan pita besar, kemudian membuat cover version lagu barat,” ujarnya.

Karir pria ini mulai melesat tinggi dengan melakukan rekaman dan tergabung dalam beberapa label musik ternama di Indonesia. Tidak hanya itu, ia pun pernah melebarkan karir hingga ke salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Setelah 39 tahun berkarir di tingkat nasional, ia kembali ke Kabupaten Karawang dan mengabdikan diri sebagai seniman Karawang pada tahun 2019. Hal ini dilakukan dari adanya permintaan orangtua dan keinginan dari diri sendiri untuk membangun industri seni musik Karawang.

“Kemudian saya berkarir di Nagaswara, Pelangi Record dan beberapa management artis. Terakhir sebelum kembali ke Karawang pernah merintis karir di salah satu stasiun televisi swasta. Saya kembali ke Karawang tahun 2019 karena permintaan orangtua dan sudah waktunya saya membangun seni di Karawang. Di Karawang saya mencoba industri seni yang saya dedikasikan kepada pemerintah,” tambahnya.

Selama berkarir di bidang musik, ia telah menciptakan lagu untuk penyanyi ternama di Indonesia. Tidak hanya itu beberapa lagu dari band pop Indonesia pun ia ciptakan. Prestasi lainnya berupa adanya pembangunan wisata di Kota Solo hasil kolaborasi dengan pemerintah setempat dan menjadi juri di beberapa perlombaan. Pria ini pun berhasil menjadi finalis di penghargaan bergengsi selama dua tahun berturut-turut

“Kalau di nasional, saya sebagai artis creator. Banyak genre lagu pop EDM yang dikerjakan bersama penyanyi Nagasawara. Saya juga salah satu edisional player angenger lagu Syahrini yang judulnya “sesuatu” lalu juga edisional player di Setia Band. Saya pernah menjadi finalis Ami Ward dengan genre EDM selama dua tahun bertahun-tahun, saya juga membangun wisata dengan pemerintah Solo. Membuat rising star se Jawa dan termasuk juri Cherrybelle,” pungkasnya.(aip/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...