Warga Wancimekar Demo Tolak Perluasan TPA Jalupang

Warga Wancimekar Demo Tolak Perluasan TPA Jalupang

Karawang – Puluhan masyarakat desa Wancimekar melakukan demo ke Kantor Pemerintah Desa Wancimekar, pada hari, Kamis (11/1/2024). Kehadiran masyarakat yang aksi tersebut menuntut Pemerintah Desa Wancimekar untuk menolak rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang terkait pelebaran area Tempat Pemrosesan Akhirnya Sampah (TPAS) Jalupang.

Koordinator Aksi, Solehudin dalam orasinya mengungkapkan, persoalan sampah bukan masalah satu hari atau dua hari saja. Tapi akan terus berlanjut dampaknya terhadap masyarakat sampai kapan pun. Maka dari itu, pihaknya mengajak kepala desa untuk sama-sama tidak menyetujui perluasan TPAS Jalupang.

“Kami mengajak kepala desa untuk sama-sama tidak menyetujui perluasan TPAS Jalupang karena dampak dari TPAS Jalupang tidak hanya satu atau dua hari saja tetapi akan terus berlanjut sampai kapanpun,” ungkapnya saat orasi di depan kantor kepala desa Wancimekar.

Menurutnya, keberadaan TPAS Jalupang sama saja dengan Pemkab memberikan masalah kepada masyarakat. Untuk itu pemkab juga harus dapat memberikan solusi kepada masyarakat.

“Mereka (Pemkab Karawang) datang memberikan masalah kepada kami. Lalu kalau mereka meminta solusi kepada kami, logikanya terbalik. Mereka yang memberikan masalah kepada kami, maka mereka yang harus memberikan solusi,” ujar Solehudin.

“Kalau pemerintah daerah mau membuatkan solusi sampaikan kepada kami, biar kami yang mengambil keputusan. Karena bukan kami yang memberikan masalah, tapi mereka yang memberikan masalah kepada kami,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Wancimekar Dimyat Sudrajat mengatakan, keputusan Pemdes akan lebih aspiratif kepada keinginan masyarakat Wancinekar. Sebab, apa pun aspirasi masyarakat untuk kebaikan semua.

“Kami dari Pemdes Wancinekar menolak pelebaran TPAS Jalupang. Keputusan kami sebagai Pemdes Wancimekar akan lebih aspiratif kepada keinginan masyarakat,” tegasnya.

Aksi tersebut dilanjutkan dengan audiensi antara kepada Desa Wancimekar bersama masyarakat. Audiensi ini menghasilkan kesepakatan antara Pemdes dengan masyarakat yaitu; Pemdes Wancimekar akan menolak selamanya perluasan TPAS Jalupang. Pemdes Wancimekar akan menginformasikan setiap perkembangan kepada masyarakat tentang TPAS Jalupang. Pemdes Wancimekar akan melibatkan masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan terkait TPAS Jalupang.(aip/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PMI: Kegiatan Donor Darah Pupuk Kujang Membuat Stok Darah di Karawang Surplus

KARAWANG – Pupuk Kujang Cikampek menggelar banyak kegiatan sosial jelang ...