Seminar Nasional, UBP Karawang Inginkan Mahasiswa Yang Unggul

Universitas Buana Perjuangan (UBP) gelar Seminar Nasional Jatidiri Bangsa, yang bertema Tantangan Kebangsaan

Karawang – Universitas Buana Perjuangan (UBP) gelar Seminar Nasional Jatidiri Bangsa, yang bertema Tantangan Kebangsaan di Era Digital di Aula UBP Karawang, pada hari, Selasa, (23/01/2024).

Ketua Pembina Yayasan Buana Pangkal Perjuangan (YBPP) Karawang, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Kiki Syahnakri mengungkapkan, Seminar ini merupakan mata kuliah wajib yang harus di ikuti oleh seluruh mahasiswa.

“Ini memang merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa, karena sesuai visi dari perguruan tinggi ini. Lalu kemudian untuk itu, maka setiap tahun agar diselenggarakan seminar seperti ini yang temanya kebangsaan setiap 2 kali dalam setahun,” ungkap Kiki Syahnakri.

Tambah Letjen TNI (Purn.) Kiki Syahnakri, melalui seminar tersebut, ia ingin menjadikan lulusan ini mempunyai karakter yang unggul dan mempunyai kesadaran untuk membela bangsa dan negaranya.

“Latar belakangnya kegiatan hari ini yaitu, ingin menjadikan perguruan tinggi ini berwawasan kebangsaan dan bereputasi internasional, artinya lulusannya yang berwawasan kebangsaan. Karena tadi kita ingin mencetak lulusan yang hanya memiliki kompetensi tinggi saja, tapi harus memiliki karakter yang unggul yang punya kesadaran kebangsaan nasionalisme untuk membela bangsa dan negaranya,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM. Memaparkan, Mata kuliah jati diri Kebangsaan ini tidak sertamerta hanya memberikan pelajaran didalam kelas, namun mahasiswa akan melakukan riset atau kajian ke tempat-tempat bersejarah yang berada di Karawang.

“Intinya mata kuliah jati diri Kebangsaan ini tidak serta merta kita hanya memberikan pelajaran dalam kelas, tetapi juga kita mengetahui bagaimana kondisi sejarah Karawang terlebih dahulu. Artinya adalah mahasiswa akan melakukan riset atau kajian ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Karawang. Seperti, Monumen Rawa Gede, dan Rumah yang dijadikan untuk Pembuatan Naskah Proklamasi Di Rengasdengklok. Saya kira sejarah-sejarah itu yang tidak boleh dilupakan oleh anak muda, bahwa jadinya negeri ini karena memang berkat pejuang-pejuang dimasa dimasa lalu, oleh karena itu Mata kuliah Jati Diri Bangsa buat di UBP Karawang menjadi ke khasan di perguruan tinggi,” ucap Dedi.

“Bahkan, beberapa perguruan tinggi yang datang ke UBP itu merasa tertarik untuk ikut menggunakan sistem kurikulum yang menggunakan Jati Diri Bangsa ini,” pungkasnya.(adji/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penataran Pelatih, Juri dan Nayaga PPSI Karawang Upaya Melestarikan Budaya Seni Pencak Silat

Karawang – Penataran pelatih, juri dan nayaga yang diselenggarakan Persatuan ...