Program “Wisata Seni” Kelompok KKN UNSIKA 2024 Desa Pasirkamuning

KKN Mahasiswa UNSIKA Desa Pasirkamuning 2024

Karawang – Seni budaya adalah ekspresi dari identitas suatu masyarakat. Maka budaya perlu kita kembangkan dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, dari berbagai jurusan Mahasiswa KKN UNSIKA 2024 di Desa Pasirkamuning, bersatu mengadakan kegiatan mengenalkan seni budaya di jenjang sekolah dasar. Yang menjadi kesempatan untuk menarik mereka dalam mengenal budaya.

Banyaknya kesenian yang ada di Desa Pasirkamuning, khususnya Wayang Golek membuat kelompok Mahasiswa KKN UNSIKA 2024 menciptakan gebrakan baru dalam program kerja. Salah satunya ditujukan kepada anak-anak.

Kegiatan Workshop

Pengenalan dan pembuatan kerajinan Wayang Golek pada anak-anak yang diselenggarakan di MI Al-Mujahidin sebagai gerakan baru untuk mengenalkan serta mengasah kreativitas anak-anak. Kegiatan dibimbing langsung oleh dua pengrajin Wayang Golek asli dari Desa Pasirkamuning, yaitu pak Ahmad dan pak Asep.

Ketika kegiatan berlangsung, kedua pengrajin, mengenalkan lebih dulu mengenai sejarah wayang serta tokoh pewayangan yang ada di Indonesia. Ketika sesi pertanyaan meliputi wayang, siswa-siswi di MI Al-Mujahidin dengan kompak menjawab pertanyaan. Mereka memiliki keingintahuan yang tinggi dan tertarik mengenal budaya lebih dalam.

Tidak hanya itu, pak Ahmad dan pak Asep membimbing langsung kepada siswa-siswi cara untuk mengukir elemen wayang dengan media Spons Eva. Selama kegiatan berlangsung, Mahasiswa KKN UNSIKA pun ikut membantu siswa-siswi.

Siswa-siswi di MI Al-Mujahidin dengan ceria dan penuh semangat mengikuti kegiatan tersebut, kepala sekolah serta para guru pun memberikan dukungan yang penuh.

KKN UNSIKA Desa Pasirkamuning 2024 berhasil mendorong semangat kreativitas serta pemahaman dari anak usia dini akan kesenian khususnya Wayang Golek.

Budaya lokal merupakan aset tak ternilai yang harus dijaga dan diteruskan kepada generasi mendatang. Ketika anak-anak memahami dan menghargai warisan budaya lokal, mereka menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya yang sangat penting. Oleh karena itu, budaya harus selalu dikenalkan ke berbagai kalangan, dalam upaya melestarikan budaya yang ada di Indonesia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Catat ! Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Mei

Faktajabar.co.id – Beberapa tanggal merah dan cuti bersama akan mewarnai ...