Inovasi Baru! Kelompok KKN UNSIKA 2024 Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Arang Bernilai Jual

Kelompok KKN UNSIKA 2024

Faktajabar.co.id – Sekam padi menjadi limbah padi yang masih dapat dimanfaatkan untuk tanaman ataupun bahan seperti briket arang dan campuran batako. Desa Pasirkamuning terdapat banyak sekali sawah hampir 80% merupakan area pesawahan. Ini menjadikan Desa Pasirkamuning penuh akan limbah padi.

Limbah sekam padi yang banyak terdapat di Desa Pasirkamuning juga belum dimanfaatkan sebagai produk yang memiliki nilai ekonomis. Maka, inovasi yang dapat diberikan/program kerja yang dijalankan mengenai pemanfaatan limbah padi ialah pembuatan briket dari arang sekam padi menjadi barang bernilai ekonomis.

Tidak hanya memanfaatkan sekam padi yang merupakan limbah tanaman, akan tetapi dapat juga meningkatkan income keluarga ataupun desa. Manfaat dari pemanfaatan limbah sekam padi menjadi briket yaitu untuk meningkatkan nilai ekonomis dari sekam padi sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi, dapat memajukan perekonomian desa.

Sekam padi memiliki bagian zeolite yang mampu menyerap asap, silica sebagai zat pengikat. Briket dapat dijadikan sebagai pengganti bahan bakar memasak sebagai arang.

Berdasarkan hal tersebut mendorong para mahasiswa tim KKN UNSIKA 2024 untuk membuat gerakan Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Untuk Peningkatkan Nilai Ekonomis di Desa Pasirkamuning Kecamatan Telagasari, Karawang.

Melalui program Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Untuk Peningkatkan Nilai Ekonomis merupakan program dari mahasiswa KKN UNSIKA 2024. Pemahaman akan pemanfaatan limbah sekam padi bisa dimanfaatkan kembali menjadi produk bernilai jual ekonomis.

Dalam kegiatan Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Untuk Peningkatkan Nilai Ekonomis Tim KKN UNSIKA 2024 melaksanakan program sosialisasi tentang Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Untuk Peningkatkan Nilai Ekonomis yang dihadiri oleh warga yang berusia produktif yang mau berbisnis di Desa Pasirkamuning.

Pada kegiatan tersebut Tim KKN UNSIKA 2024 melakukan edukasi tentang pentingnya Pemanfaatan Limbah Sekam Padi yang dijelaskan menggunakan pemaparan materi, metode berupa powerpoint. Serta menggunakan media laptop dan proyektor, selain itu juga menjelaskan tentang hal pentingnya kepedulian lingkungan untuk mengurangi penyebaran limbah di Indonesia.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...