Musyawarah IPSI Majalaya, Wadahnya Perguruan Silat di Tingkat Kecamatan

Musyawarah IPSI Kecamatan Majalaya

Karawang – Sebagai wadah perguruan pencak silat di Kabupaten Karawang, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) setempat melebarkan sayap. Yaitu membentuk pengurus IPSI tingkat kecamatan. Setelah Kecamatan Batujaya dan Purwasari, kini giliran wilayah Kecamatan Majalaya dibentuk pengurus IPSI tingkat kecamatan.

Rabu, 13 Maret 2024 bertempat di Desa Lemahmulya Kecamatan Majalaya, telah dilaksanakan musyawarah perguruan silat untuk membentuk pengurus IPSI Kecamatan Majalaya. Perguruan silat yang ada di Kecamatan Majalaya adalah KPS Al Ikhlas, Pagar Nusa, Merpati Putih, KPS Nusantara, Persinas Asad, PSHT Cabang Kabupaten Karawang, Raksa Budhi, Pangraksa Diri, IKSPI Kera Sakti, Padepokan Karangmulya, Asmaul Husna, Padepokan Dampal Bumi dan Pusaka Kencana.

Dalam forum telah disepakati bersama kepengurusan IPSI Kecamatan Majalaya yang diketuai R. Welling.E.TP (Pagar Nusa), sekretaris Rosman Ochim (PSHT) dan bendahara Putri Hoerunnisa (Pagar Nusa). Musyawarah tersebut dihadiri Sekretaris IPSI Karawang, Saepudin Lubis dan pengurus lainnya.

Menurut Lubis, dibentuknya pengurus IPSI Kecamatan Majalaya menjadi wadah silaturahmi antar perguruan pencak silat yang berada di wilayah setempat. Dengan wadah ini, bisa lebih mengembangkan budaya pencak silat di masyarakat, khususnya kalangan pelajar.

“IPSI wadahnya mencetak atlet pencak silat. Melalui dibentuknya IPSI tingkat kecamatan bisa merangkul semua perguruan silat. Ketika ada bibit unggul atlet di tingkat kecamatan bisa mengikuti kegiatan kejuaraan dan lainnya,” kata Lubis.

Lanjutnya, semoga dibentuk IPSI Kecamatan Majalaya bisa bermanfaat. Juga pengembangan pencak silat bisa lebih luas lagi.

“Jangan kalah sama bela diri asing. Kita harus bangga melestarikan bela diri tradisional warisan nenek moyang. Asli Indonesia. Sebagai generasi muda kita harus melestarikan dan mempertahankan warisan budaya takbenda,” pungkasnya.(red/fj)

Pengurus IPSI Kecamatan Majalaya

Pelindung:
Camat Majalaya
Polsek Majalaya
Koramil Majalaya
(Muspika)

Pembina :
IPSI Karawang

Dewan Pertimbangan :
1. Ardawi Sumarno, SPd.,MPd
2. Andriyanto, SPd
3. Dony Subiantoro, ST.,MM

Dewan Penasehat :
1. Hermawan (Persinas Asad)
2. H. Jumena.D (PSHT)
3. Riyan (Karang Mulya)
4. Bah Wilin (Asmaul Husna)

Ketua : R. Welling.E.TP (Pagar Nusa)
Sekretaris : Rosman Ochim (PSHT)
Wakil Sekretaris : Ucu Setiawati (Asmaul Husna)
Bendahara : Putri Hoerunnisa (Pagar Nusa)
Wakil Bendahara : Irawan (PSHT)

Bidang – Bidang
Organisasi
1. Bah Ucok (Pangraksa Diri)
2. Wawan (Pangraksa Diri)

Humas
1. Made (Dampal Bumi)
2. Mujiono (Merpati Putih)

Kesenian
1. Soleh (Karang Mulya)
2. Serli (Pusaka Kencana)

Kepelatihan
1. Ikbal (KPS Al Ikhlas)
2. Wahyu (Raksa Budhi)
3. Asmaul Husna

Wasit – Juri
1. Rayyan (KPS Suryapatih)
2. KPS Nusantara
3. Kera Sakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...