Perguruan Pencak Silat Ditakuti di Indonesia, Nomor 5 Asal Jawa Barat

Pertandingan Pencak Silat Antar Perguruan

Faktajabar.co.id – 6 perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Sederet perguruan pencak silat sangat ditakuti di Indonesia karena para petarungnya memiliki kemampuan yang luar biasa hebat.

Seperti diketahui, pencak silat merupakan aliran bela diri asli Indonesia yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Di masa lampau, silat digunakan untuk perlindungan diri dari serangan musuh.

Oleh karenanya, gerakan-gerakan silat bertujuan untuk melumpuhkan lawan. Bahkan, gerakan silat bisa membunuh lawan dalam waktu sesingkat mungkin.

Seiring berjalannya waktu, pencak silat terus mengalami perkembangan. Satu per satu aliran bela diri pencak silat pun lahir di berbagai daerah di Indonesia. Melansir laman Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), jumlah perguruan pencak silat di Indonesia saat ini berjumlah 840 perguruan.

Dari banyaknya perguruan pencak silat yang ada di Indonesia, terdapat beberapa perguruan besar yang sangat ditakuti. Berikut adalah 6 perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia.

6. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

Persaudaraan Setia Hati Terate atau yang disingkat PSHT merupakan organisasi pencak silat terbesar di Indonesia. Anggotanya mencapai jutaan orang yang tersebar di berbagai cabang di seluruh wilayah Indonesia.

PSHT dikenal dengan semboyannya “Ngalah, Ngaleh, Ngamuk” yang artinya, setiap pendekar harus mengalah lebih dahulu sebelum menggunakan ilmunya untuk melawan. Dengan jumlah anggotanya yang luar biasa banyak, tak ayal PSHT sangat ditakuti.

5. Pencak Silat Cimande

Perguruan pencak silat aliran Cimande merupakan salah satu aliran silat tertua di Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Kekuatan aliran silat ini diadaptasi dari gerakan alam dan hewan sehingga sangat mematikan. Oleh sebab itu, silat ini juga ditakuti.

4. PPS Betako Merpati Putih

Perguruan Pencak Silat (PPS) Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih merupakan salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Anggotanya saat ini mencapai jutaan orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, PPS Betako Merpati Putih juga menjadi aliran silat yang diajarkan pada prajurit TNI dan Polri. Karena hal ini, perguruan pencak silat ini sangat disegani baik di dalam maupun luar negeri.

3. Pencak Silat Pagar Nusa

Pencak Silat Pagar Nusa atau yang disingkat PN adalah perguruan pencak silat yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Pencak silat ini dikenal karena perannya di masa lalu yang turut serta memberantas PKI di Jawa Timur. Oleh karenanya, perguruan ini disegani di Indonesia.

2. Pencak Silat Tapak Suci

Sama seperti NU, Muhammadiyah juga memiliki perguruan pencak silat bernama Tapak Suci. Perguruan ini juga turut serta dalam memberantas aksi PKI pada tahun 1960an. Oleh karena itu, bela diri ini sangat disegani di Indonesia.

1. Pencak Silat IKS PI

Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI) adalah perguruan asal Madiun, Jawa Timur. Silat ini mengombinasikan gerakan pencak silat dan juga Kung Fu asal China.

Oleh sebab itu, gerakan bela diri ini terkenal sangat cepat dan mematikan. Belum lagi, anggotanya yang sangat banyak membuat perguruan pencak silat ini sangat ditakuti.

Itulah 6 perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia. (sumber : okesport)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...