57 Kelompok Tani di Karawang Diberikan Bantuan Pompa Air Untuk Menghadapi Musim Kemarau

57 Kelompok Tani di Karawang Diberikan Bantuan Pompa Air Untuk Menghadapi Musim Kemarau

Karawang – Sebanyak 57 kelompok tani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat memperoleh bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian untuk mengatasi berkurangnya pasokan air untuk mengairi areal persawahan pada musim kemarau. Bantuan tersebut di bagi 2 kategori ada yang berupa pompa air dan ada juga uang tunai untuk dibelikan pompa air dengan sendiri.

“Bantuan pompa ini disalurkan kepada kelompok tani, khususnya di wilayah yang kesulitan mendapatkan air,” ungkap Bupati Karawang Aep Syaepuloh di Karawang, pada Kamis (8/5/2024) sore.

Memasuki musim tanam gadu dan musim tanam kemarau biasanya ditandai dengan berkurangnya pasokan air untuk areal persawahan. Kondisi kekurangan air yang dialami petani biasanya terjadi pada musim tanam gadu pada April hingga Juli serta musim tanam kemarau pada Agustus hingga Oktober.

“Kali ini terdapat 37 kelompok tani yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian. Puluhan kelompok tani itu ada yang mendapatkan bantuan pompa air dan ada juga yang mendapatkan traktor,” ujarnya.

Kendati demikian, Bupati Aep menyampaikan, bantuan tersebut dapat membantu petani dalam menjaga ketersediaan air, khususnya pada musim kemarau sehingga pertanian di Karawang tetap produktif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Rohman mengatakan, bahwa bantuan ini berasal dari pemerintah pusat dengan rincian pompa 3 inci 20 unit, pompa 4 inci 7 unit, pompa 6 inci 10 unit. Selain pompa ada juga bantuan yang bentuknya uang tapi untuk pompa juga dengan harga satunya 120 juta dengan 20 kelompok tani.

“Bantuan yang diberikan berasal dari pemerintah pusat sebanyak 37 unit pompa air dengan rincian pompa 3 inci 20 unit, pompa 4 inci 7 unit dan pompa 6 inci 10 unit. Selain pompa langsung yang diberikan ada juga bantuan yang berbentuk uang tapi uang itu juga buat dibelikan pompa dengan harga satunya 120 juta yang diberikan kepada 20 kelompok tani,” pungkasnya.(aip/cim/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kurasi Seni Pertunjukan Tradisional

KARAWANG – Sebanyak 18 sanggar dengan 85 peserta mengikuti proses ...