Begini Plus-Minus kalau Pakai Turbocharger

Turbocharger

Belakangan ini teknologi mesin dengan kombinasi turbocharger menjadi tren yang cukup digemari. Bahkan beberapa pabrikan mobil menawarkan produk yang telah disematkan dengan komponen tersebut untuk mendapatkan performa lebih baik.

Turbocharger sendiri merupakan komponen yang berfungsi meningkatkan udara masuk ke dalam ruang pembakaran dengan memanfaatkan dorongan gas buang. Tak hanya membuat performa mesin menjadi lebih baik, penggunaan turbocharger memiliki banyak dampak.

“Selain menambah tenaga mesin, dengan teknologi sekarang, turbo juga dapat meningkatkan efisiensi pembakaran yang tujuannya menghemat bahan bakar dan lebih responsif,” jelas Yosef Bee dari H20 Bodyworks.

Di samping itu, menurut Yosef, keuntungan lainnya adalah membuat bobot mobil menjadi lebih ringan. Soalnya penggunaan turbocharger mengizinkan mobil menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil.

Meski memiliki banyak keuntungan, penggunaan turbocharger juga memiliki kekurangan. Hanya saja hal ini berkaitan dengan perlakuan pengendara terhadap perawatan kendaraan.

“Minusnya, bahan bakar harus selalu memakai yg terbaik, ron 91 keatas. Selain itu perawatan mesin jangan sampai terlewat, khususnya oli mesin,” jelas Yosef.(net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Keren! Robot Industrial Hasil Karya Mahasiswa Unsika Lolos ke Tingkat Provinsi

Karawang – Empat orang mahasiswa teknik elektro berhasil lolos dalam ...