Pentingnya Siapkan Stamina Tubuh Sebelum Berolahraga

FAKTAJABAR.CO.ID – Anjuran berolahraga secara rutin terus digaungkan kepada masyarakat agar tubuh tetap fit demi menjalankan aktivitas harian. Tak terkecuali para kaum difabel yang terus semangat berolahraga. Hal ini bisa disaksikan pada Asian Para Games 2018, kaum difabel pun punya semangat untuk berolahraga.

Namun perlu diperhatikan, siapkan stamina tubuh sebelum berolahraga. Jika tubuh sedang tidak fit dan terus dipaksa berolahraga serta beraktivitas akan berakibat fatal. Maka pastikan sehari-harinya makan dengan teratur, jangan menghindari sarapan, serta makan malam.

Medical Officer of PT. Kalbe Farma, dr. Claudia Anggi Citra Putri, mengungkapkan ketika tubuh tidak fit sebaiknya tidak berolahraga terlebih dahulu dan fokuskan pada proses penyembuhan.

Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh sedang mengalami ‘error’ sehingga olahraga yang terlalu berat akan memperpanjang masa recovery. Olahraga ringan masih diperbolehkan selama kondisi tubuh masih berstamina.

“Prinsip olahraga secara umum adalah teratur, terukur, dan bertahap. Dibanding olahraga yang seminggu sekali dengan durasi 2 jam, olahraga setiap hari dengan durasi 30 menit lebih memiliki efek pada kesehatan (teratur). Olahraga pun harus terukur salah satu ukuran yang paling mendasar adalah untuk orang sehat, olahraga sebaiknya mencapai 80% MHR (Maximum Heart Rate),” ujar dr. Anggi saat diwawancara, Senin(8/10/2018).

Jika lebih dari itu, lanjutnya, ada risiko kesehatan yang lebih besar untuk orang-orang yang sudah memiliki penyakit kronis tentu harus di bawah pengawasan dokter. Terutama untuk pasien yang sebelumnya belum pernah olahraga.

Maka penting untuk memilih olahraga sesuai kemampuan tubuh, yakni disesuaikan dengan bobot badan dan riwayat penyakit. Sebaiknya, konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan jenis olahraga jika memiliki keluhan.

Di samping itu, konsumsi Fatigon Spirit yang bisa membantu memelihara stamina tubuh dan membantu proses metabolisme demi menghasilkan energi. (dtk)

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Down Syndrome Sedunia, Begini Kata Dokter RSUD Karawang

KARAWANG – Tahukah kalian, tepatnya pada hari ini, Kamis,(21/3/2024) merupakan ...