Pemkab Purwakarta Raih Penghargaan HWPA Award 2018

FAKAJABAR.CO.ID – Dinilai berjasa membantu permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Luar Negeri, Kabupaten Purwakarta menjadi satu-satunya pemerintah daerah tingkat kabupaten dan provinsi yang mendapat penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan Awards (HWPA) 2018.

Selain Pemkab Purwakarta, terdapat 18 penerima penghargaan lainnya untuk kategori perorangan, masyarakat madani, jurnalis, maupun kategori lembaga di bawah Kementerian Luar Negeri. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan keberhasilan ini tentu merupakan upaya keras pemerintahan pada periode sebelum dia menjabat. Untuk itu, pihaknya kini akan terus meneruskan apa yang menjadi program dan keberpihakan pemerintah daerah dalam pelayanan dan perlindungan terhadap warga Purwakarta yang berada di luar negeri.

“Tentu ini prestasi, kami akan teruskan program yang bagus ini, untuk pelayanan dan perlindungan warga kami yang berada di luar negeri,” kata Anne, Rabu (12/12/2018)

Dia menjelaskan, data di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Purwakarta selama rentang waktu 2015-2018 ini telah menerima laporan adanya puluhan kasus yang melibatkan TKI asal Purwakarta di luar negeri.

Hampir seluruhnya dapat ditangani dengan sigap dan cepat oleh Disnaker Purwakarta. Kasus-kasus yang muncul didominasi oleh kasus hilang kontak TKI dan keterlambatan pembayaran gaji oleh majikan. Termasuk adanya kasus TKI yang sakit hingga meninggal dunia yang membutuhkan pemulangan ke Tanah Air. Tak jarang, biaya yang muncul dalam upaya pemulangan TKI ini ditanggulangi bantuan sosial APBD Purwakarta. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengurus APTRINDO Karawang Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

BANDUNG – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kabupaten Karawang periode 2019-2024 ...