5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Perut Makin Buncit

FAKTAJABAR.CO.ID – Sarapan penting bagi tubuh karena dapat memenuhi kebutuhan gizi harian hingga 30 persen. Tidak heran jika jenis asupan makanan yang dikonsumsi saat sarapan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Sarapan yang baik terdiri dari makan yang bersumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan. Akan tetapi sayangnya masih banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan.

Dikutip dari NutriTious Life, detikHealth sudah merangkum lima kesalahan yang harus kamu hindari saat kamu sarapan di pagi hari.

Tidak sarapan sama sekali

Beberapa orang banyak merasa lapar saat bangun di pagi hari. Tetapi jika kamu tipikal yang tidak suka sarapan, cobalah untuk setidaknya mengambil camilan kecil, seperti segenggam kacang dan buah kering (tentunya bebas gula ya).

Satu sendok almond atau selai kacang juga bisa kamu coba. Makanan tersebut mengemas banyak protein dan lemak, sehingga kamu akan terasa kenyang lebih lama dari yang kamu kira.

Makan makanan manis

Hindari makan manis yang berlebihan pada saat kamu sarapan, kamu bisa ganti dengan memakan sereal dan yogurt pada pagi hari.

Selain membuat gula darah tidak stabil, ini akan cenderung naik ke batas maksimal, memakan makanan atau minuman manis juga akan menghahalangi penurunan berat badan lho. Karena akan memunculkan timbunan lemak dan membuat tubuh menjadi gemuk dan tidak sehat.

Kelebihan karbohidrat

Pada saat kamu sarapan, hindari mengonsumsi karbohidrat yang berlehihan. Karbohidrat adalah salah satu gizi penyumbang kalori yang cukup besar.

Kebanyakan orang Indonesia mengganggap belum makan jika belum ada nasi di dalam priringnya. Meski sudah makan roti atau mie sebelumnya, kalau belum bertemu nasi rasanya masih ada yang kurang.

Dalam satu gram karbohidrat, terdapat 4 kalori. Jadi, semakin banyak kamu mengonsumsi yang ada kamu memakan banyak kalori yang masuk dan akan membuat berat badan kamu meningkat.

Berlebihan makan telur

Sarapan pagi dengan mengonsumsi telur bisa menjadi pilihan sebagian orang. Manfaat memakan telur juga diketahui membuat perut kenyang lebih lama.

Sebutir telur memiliki sekitar 70 kalori dan mengandung sekitar 6 gram protein, 5 gram lemak dan 186 miligram kolestrol.

Hindari mengonsumsi telur yang berlebihan di pagi hari, karena akan menimbulkan kalori yang berlebih.

Sedikir minum air putih

Saat sarapan pasti merasa ngantuk, dan hal itu membuat kamu untuk meminum kopi di pagi hari. Tetapi juga penting untuk kamu memberikan cairan berharga di dalam tubuh kamu, setelah malam yang panjang.

Salah satu hal yang harus dilakukan saat pagi hari adalah minum segelas air putih, agar tubuh tetap terhidrasi.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pahitnya Sambiloto, Penangkal Gejala Kencing Manis

FAKTAJABAR.CO.ID – Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati. Sejak zaman dahulu, nenek moyang sering menggunakan tanaman ...