Wait for domain propagations. thanks Lansia Disarankan Konsumsi Protein Tinggi Agar Tak Mudah Jatuh - Fakta Jabar

Lansia Disarankan Konsumsi Protein Tinggi Agar Tak Mudah Jatuh

FAKTAJABAR.CO.ID – Ada beberapa masalah kesehatan yang harus diwaspadai oleh orang lanjut usia (lansia). Salah satunya adalah instability atau mudah jatuh. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya penurunan fungsi otot.

Ervina Hasti W, menjelaskan kehilangan massa otot atau penurunan fungsi otot dikenal dengan istilah sarkopenia, suatu kondisi degenerasi otot seiring bertambahnya usia.

Sarkopenia terjadi karena ketidakseimbangan antara pembentukan dan penghancuran sel otot. Akibatnya, ada lebih banyak sel otot yang dihancurkan dari pada yang dibentuk. Sehingga, seseorang kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Sarkopenia adalah kondisi yang umum terjadi di usia lanjut, biasanya seseorang dapat kehilangan 3% dari kekuatan otot tiap tahunnya setelah berusia 50 tahun. Meski demikian, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan sarkopenia terjadi lebih dini. Kurang gerak, perilaku serendentari, pola makan tidak tepat, dan penyakit kronis,” jelasnya, Senin (14/1/2019).

Demi mencegah terjadinya sarkopenia, konsumsi lah makanan tinggi protein. Asam amino pada protein bisa merangsang sintesis protein dalam otot.

“Ketika makan protein, maka protein akan dipecah menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk membantu tubuh dengan berbagai proses seperti regenerasi otot, pembentuk energi, dan mengatur fungsi kekebalan tubuh. Sedikitnya orang dewasa dan lansia membutuhkan 25-30 gram protein yang dikonsumsi tiap waktu makan untuk mempertahankan massa otot,” jelasnya.

Perlu diketahui, sumber asam amino esensial yang terbaik adalah protein hewani seperti susu, daging, telur, dan unggas. Namun sayangnya seiring dengan bertambahnya usia, perubahan pola makan dan asupan kalori cenderung sulit dihindari.

Hal ini disebabkan terjadinya penurunan sensitivitas lidah untuk merasakan makanan, kesulitan mencerna makanan, gangguan kesehatan gigi dan mulut, atau kesulitan mengakses bahan makanan.

Untuk mencukupi kebutuhan protein, minum Entrasol Senior yang tinggi protein dan lengkap gizi dengan kandungan formula PROCARE. Susu ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro seseorang di usia 60 tahun ke atas.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Waspadai Aneurisma yang Lebih Mematikan dari Stroke

FAKTAJABAR.CO.ID – Sakit kepala kerap disepelekan oleh banyak orang karena dianggap akan sembuh dengan sendirinya. ...