Di Purwakarta, Mikrobus untuk Pelajar Antar-Jemput Hingga Perdesaan

FAKTAJABAR.CO.ID – Layan antar kendaraan untuk pelajar di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sentuh hingga wilayah perdesaan. Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyediakan lima unit mikrobus tersebut sekaligus. Tujuannya untuk mengurangi pelajar menggunakan kendaraan bermotor saat ke sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta Purwanto, di Purwakarta, Senin (25/3), mengatakan kendaraan jenis mikrobus ini disediakan untuk layanan antar jemput khusus pelajar. Kata dia, perlunya menyediakan mikrobus pelajar hingga wilayah perdesaan sebab di wilayah perdesaan keberadaan angkutan umum masih jarang. “Sudah lama kita mengeluarkan larangan pelajar di bawah umur membawa kendaraan ke sekolah, karena risikonya sangat tinggi. Adanya mikrobus pelajar ini ialah untuk meminimalisasi penggunaan kendaraan bermotor ke sekolah,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan kendaraan mikrobus, Kadisdik Purwanto menyebut jika pengemudi mikrobus ini dibantu oleh TNI. Alasannya TNI memiliki disiplin waktu, selain juga disesuaikan dengan jam masuk sekolah di Purwakarta yang berbeda dengan daerah lain. “Pelajar kita ini, masuk sekolahnya mulai pukul 06.00 WIB. Jadi, lebih pagi dari wilayah lainnya, dan di perjalanan sang pengemudi menjelaskan pemahaman kepada siswa terkait kebangsaan dan Pancasila,” katanya.

“Selama perjalanan ke sekolah, pengemudi dari TNI ini memberikan pemahaman tentang kebangsaan dan Pancasila. Hal itu sejalan dengan pendidikan berkarakter yang telah diterapkan di daerah kami,” paparnya.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, kendaraan mikrobus pelajar ini merupakan bagian dalam upaya pemkab dalam meningkatkan sektor pendidikan. “Keberadaan kendaraan mikrobus khusus pelajar ini sangat membantu, karena memudahkan pelajar untuk pergi-pulang ke sekolah,” kata Anne. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Kesehatan, PHE ONWJ Relokasi Warga Terdampak

KARAWANG – Belasan keluarga yang tinggal di bibir pantai Cemara Jaya direlokasi sementara oleh PHE ...