‘Nyi Pohaci’ Tema Hari Jadi Purwakarta

FAKTAJABAR.CO.ID – ‘Nyi Pohaci’ jadi tema Hari Jadi Purwakarta, Kata Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta.

Menurutnya, makna Nyai Pohaci dalam budaya Sunda digambarkan Padi (beras). Padi sendiri, merupakan bahan dasar konsumsi utama masyarakat di Indonesia, tak terkecuali di Jawa Barat. “Di momen hari jadi tahun ini, sengaja kita angkat temanya Nyai Pohaci (padi). Ini merupakan bagian dari mengingatkan seluruh elemen masyarakat akan manfaat dan pentingnya Padi,” ujar Anne, Selasa (9/7/2019).

Anne menjelaskan, masyarakat khususnya di Jawa Barat, tak lepas dari panganan yang berbahan dasar beras. Sayangnya, meski jadi bahan pokok, ada sebagian masyarakat yang tak memperhatikan bahkan melestarikan keberadaannya.

Sektor, saat ini nyaris terlupakan oleh generasi saat ini. Terbukti, hampir setiap tahunnya lahan-lahan pesawahan yang ada diberbagai daerah kerap mengalami penyusutan. Mungkin, kondisi itu terjadi karena masih ada diantara masyarakat lebih memilih mengganti lahan pertanian dengan sektor lain. Misalnya dijadikan perumahan.

“Padahal, selain sebagai bahan pokok masih banyak manfaat dari padi,” jelas dia.

Anne menambahkan, dengan Tema Nyai Pohaci, pihaknya juga sekaligus ingin menggaungkan kembali produk-produk makanan yang berasal dari beras. Apalagi, di masa kepemimpinannya pengembangan ekomomi kreatif menjadi salah satu program yang jadi perhatiannya.

“Di kita ada Simping, nanti akan kita angkat dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pimpinan DPRD Diumumkan, H. Ahmad Sanusi Menjadi Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA – Pimpinan DPRD Purwakarta diumumkan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Purwakarta, yang dihadiri 34 ...