Sekretariat DPRD Terima Surat Usulan Demokrat dan Gerindra, Pendi Anwar dan Endang Sodikin Bakal Jadi Pimpinan Sementara DPRD

KARAWANG – Demokrat dan Gerindra sebagai Partai Politik peraih kursi terbanyak kesatu dan kedua, bakal memimpin Sidang Paripurna Pelantikan DPRD Kabupaten Karawang periode tahun 2019-2024 yang akan dilaksanakan pada hari senin (5/8). Menyusul diterimanya surat usulan Pimpinan Sementara DPRD dari kedua Parpol tersebut kepada Sekretariat DPRD Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu.

Sekretaris DPRD Kabupaten Karawang, H. Agus Mulyana, SE. mengatakan, pihaknya meminta kedua parpol itu untuk mengajukan usulan Pimpinan Sementara DPRD berdasarkan UU 23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 165 ayat (2) disebutkan bahwa Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan 1 (satu) orang wakil ketua yang berasal dari 2 (dua) Partai Politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua di DPRD Kabupaten/Kota.

“Sedangkan ketetapan KPU Kabupaten Karawang, untuk peraih kuris terbanyak pertama adalah Partai Demokrat dan kedua adalah Partai Gerindra,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Kamis (1/8).

Agus menambahkan, dari Partai Demokrat mengusulkan nama Pendi Anwar, sementara dari Partai Gerindra mengusulkan nama Endang Sodikin. Maka dengan demikian, kedua nama itulah yang nanti menjadi Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Karawang. “Selain menerima Palu Sidang saat pelantikan dari Pimpinan DPRD periode sebelumnya, nanti akan bertugas membentuk Fraksi-fraksi, kemudian termasuk membuat surat menyurat kepada Partai Politik pemenang untuk mengusulkan nama calon Pimpinan DPRD yang definitif,” jelasnya.

Masih Agus menambahkan, kedua nama politisi tersebut sifatnya hanya pimpinan sementara sampai terbentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD), tata tertib dan sekaligus menampung usulan Pimpinan Dewan yang diajukan Parpol. “Sesuai aturan tatib paling lama satu bulan, tapi diharapkan satu minggu sudah terbentuk, sehingga setelah itu ada Pimpinan DPRD Kabupaten Karawang yang definitif,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sekolah Sahabat Anak Diterapkan, Begini Manfaatnya

Karawang – Program Sekolah Sahabat Anak di Karawang saat ini ...