Germas Upaya Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat

KARAWANG– Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang selenggarakan acara Gebyar Germas, Stunting Camp dan Deklarasi Desa CDF, bertempat di Lapang Galuh Mas, Minggu 4 Agustus 2019 dibuka langsung oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana.

Pasalnya Germas upaya meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup serta upaya meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Gerakan ini juga merupakan gerakan bersama yang memiliki beberapa perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa untuk itu Gerakab Masyarakat (Germas) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Selain hal diatas, Germas juga dapat mencegah terjadinya Stunting, Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan dari bayi di dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Sehingga, perkembangan anak pada usianya lambat. Kondisi kekurangan gizi sudah terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah lahir.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, “Drajat kesehatan merupakan salahsatu indikator terpenting dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Alhamdulillah IPM di Kabupaten Karawang meningkat menjadi 71.08 persen,” ungkapn Bupati.

Ditambahkannya, “Kami dari pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, kami memerlukan komponen komponen penggerak yang lebih akfit,” tandasnya.

Disisi lain Pemkab Karawang telah menyediakan anggaran untuk membuatkan MCK diseluruh desa desa diwilayah Karawang. Tetapi masih adanya kultur dan pemikiran yang konfensional dari masyarakat yang senang menggunakan MCK tidak layak yang tentunya menjadi perhatian Kita untuk memberikan sosialisasi bahwa bila buang air besar secara sembarangan akan berdampak tidak sehat pada orang lain selain dirinya sendiri. Hari ini lah Kita satukan presepsi, visi misi bahwa gerakan hidup sehat secara bersama sama”,imbuhnya.

Terakhir Bupati berharap melalui kegiatan ini, dalam tahun tahun mendatang Karawang akan terbebas dari kasus stunting, sehingga Karawang terbebas dari stunting akan terwujud.

“Mudah-mudahan akan lebih banyak masyarakat terwawaskan. Mereka akan mampu untuk kemudian menjaga keberlanjutan dari kehidupan anak-anak mereka di kemudian hari,” pungkasnya.(cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DPC Gerindra Karawang Gencar Lakukan Konsolidasi Jelang Pilkada 2024, Kali Ini PDIP Karawang yang di Kunjungi

Karawang – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Karawang, gencar melakukan ...