Inilah Penampakan Pasukan Elit Milik PLN se-Jabar yang Bekerja Tanpa Memadamkan Aliran Listrik

KARAWANG– Ratusan anggota Pasukan PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) se jawa Barat berkumpul di karawang guna laksanaan kegiatan Bakti PDKB-TM PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Unit Pelaksana Kabupaten Karawang tahun 2019, di area parkir Mall Technomart, Kamis (17/10).

GM PT.PLN Persero UID Jawa Barat, Iwan Purnama mengungkapkan, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) bertugas melakukan pekerjaan pemeliharaan peralatan listrik, seperti penggantian isolator, penggantian PMS, dan lain-lain dalam keadaan online atau bertegangan.

“Dengan adanya tim tersebut, PLN tidak perlu menghentikan aliran listrik, sehingga pendapatan PLN tidak berkurang. Sampai dengan triwulan kedua tahun ini, tim tersebut mampu menyelamatkan terbuangnya energi listrik cukup besar,” kata Iwan saat diwawancarai seusai apel pagi pelepasan tim PDKB yang akan diterjunkan ke sejumlah lokasi di Kabupaten Karawang, Kamis (17/10/2019) pagi. Tim dengan jumlah 197 orang tersebut berasal dari daerah di seluruh Jabar.

Diungkapkan Iwan, Pasukan atau tim khusus PT PLN (Persero) tim unit induk distribusi Jawa Barat (Jabar) dan unit Karawang mampu menyelamatkan terbuangnya energi listrik secara percuma sebesar 18.445.993 kWh atau setara dengan 20 Miliar sampai dengan Triwulan II.

“Hal ini menjadi bukti bahwa Tim PDKB menjadi sebuah kebutuhan dalam menjaga kontinuitas penyaluran energi listrik kepada pelanggan dan sekaligus mengamankan pendapatan,” katanya.

Seperti diketahui, PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia telah memiliki unit layaknya pasukan khusus dengan kemampuan teknis yang mumpuni serta keberanian tinggi untuk mampu melaksanakan pekerjaan penuh risiko, yaitu pekerjaan dengan kondisi jaringan listrik tetap dalam keadaan bertegangan (on line) dengan kekuatan arus listrik mencapai 20 ribu Volt (20 kV), 70 ribu Volt (70 kV), 150 ribu Volt (150 kV), hingga 500 ribu Volt (500 kV).(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...