Pemkab Purwakarta Gali Potensi Dataran Tinggi

FAKTAJABAR.CO.ID – Potensi perkebunan di daerah pegunungan atau dataran tinggi di Kabupaten Purwakarta bakal digali potensinya untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. 

“Daerah dataran rendah ini sangat berpotensi sebagai sentra perkebunan, kami akan kembangkan,“ kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta. 

Ia mengatakan, daerah pegunungan di Purwakarta menyimpan potensi yang melimpah di sektor perkebunan. Di antaranya Kecamatan Wanayasa dan Kiarapedes. Selain bisa dikembangkan sebagai sentra manggis, cengkeh dan teh, daerah itu juga cocok untuk perkebunan holrikultura seperti jenis cabai dan sayuran lainnya.

Bupati menyampaikan kalau pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 5 hektare di Kecamatan Kiarapedes. Lahan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai lokasi agrowisata berbagai produk unggulan perkebunan khas seperti perkebunan manggis. 

Dikatakannya, di atas lahan seluas 5 hektare itu akan di antaranya akan dimanfaatkan sebagai sentra perkebunan manggis dan holtikultura seluas 1,6 hektare. “Ke depan nantinya akan ada zona-zona tertentu, misalnya zona khusus perkebunan manggis, cabai dan jenis sayuran lainnya. Sisa lahan lain, untuk lokasi edukasi dan destinasi wisata,“ kata dia. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ceceng Abdul Qodir Isi Reses Dengan Ngaji Wirausaha

PURWAKARTA –  Berangkat dari keprihatinan melihat kondisi masyarakat saat ini, Ceceng Abdul Qodir, S.Pd.I kerap ...