4 Desa di Garut Diterjang Longsor

FAKTAJABAR.CO.ID – Empat desa di Kecamatan Banjarwangi, Garut, Jawa Barat, terkena tanah longsor pada Kamis, 9 Januari 2020. Sebanyak 10 rumah tergerus longsoran tanah dan akses jalan desa tertutup material tanah.

Kepala Polsek Banjarwangi Iptu Masrokan menyebutkan bahwa tanah longsor terjadi di Desa Bojong, Talagasari, Kadongdong, dan Tanjungjaya.

“Longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak Selasa. Pada Kamis, pukul 10.00 terjadi longsor,” kata Masrokan, seperti dilansir Antara, Kamis, 9 Januari 2020.

Berdasarkan hasil pendataan sementara, sebanyak 10 rumah di Desa Bojong terancam tergerus tanah longsor. Namun, belum sampai roboh.

“Beberapa korban masih menempati rumahnya yang sudah tergerus, warga juga masih menunggu bantuan datang,” ujar dia.

Selain itu, satu rumah bergeser di Kampung Tanah Berem, Desa Talagasari, akibat tanah longsor. Beberapa rumah juga terdampak di Desa Kandongdong, tapi belum ada angka pasti dari petugas di lapangan.

Baca juga: Longsor! Satu Rumah di Tasikmalaya Rusak

“Untuk di Desa Tanjungjaya ada tanah tebing yang hampir ambruk dan mengancam beberapa rumah di sekitarnya,” tambah dia.

Masrokan mengungkapkan bahwa kepolisian telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menanggulangi tanah longsor tersebut. Mereka telah meminta bantuan alat berat untuk menyingkirkan material tanah longsor. Relokasi dan solusi terhadap para korban juga akan dikoordinasikan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Antisipasi Arus Mudik, Pertamina Siapkan Mobile Storage Untuk Dukung Pasokan BBM

JAKARTA – Mengantisipasi arus balik masyarakat ke Jakarta dan sekitarnya hari ini, Minggu (2/8), PT ...