Longsor! Satu Rumah di Tasikmalaya Rusak

FAKTAJABAR.CO.ID – Satu rumah rusak parah diterjang longsor di Kampung Karangresik, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Longsor terjadi pada Selasa (7/1) sore menjelang malam.

“Longsor terjadi saat saya sedang ada di belakang rumah. Saat itu hujan turun cukup deras dan tiba-tiba saja tembok penahan tanah yang beda di belakang rumah ambruk dan tiba-tiba juga longsor,” ujar pemilik rumah Dian Darliana (45), Rabu (8/1).

Dian mengungkapkan, kejadian tersebut mengakibatkan satu kamar tidur, kamar mandi, dan dapur ambruk tertarik longsor. Dia memastikan tidak ada korban jiwa atau pun luka dalam kejadian tersebut.

Dian bersama istri dan dua anaknya terpaksa mengungsi karena khawatir longsor susulan kembali terjadi, ditambah kondisi rumah saat ini sudah dianggap tidak layak ditinggali.

“Dari tadi malam tinggal di rumah mertua. Tapi saya semalam juga jagain rumah,” kata dia.

Dia mengatakan, tidak mengetahui apakah rumahnya bisa kembali dibangun atau tidak. Sebab menurut dia, kondisi tanah masih labil dan rawan longsor.

Petugas dari BPBD Kita Tasikmalaya, telah mengecek rumah dan memberikan bantuan berupa sembako. Namun dia mengaku belum menerima rekomendasi lanjutan dari BPBD, apakah rumahnya harus ditinggalkan atau dibangun kembali. “Tapi kayaknya mau dibongkar saja,” ucapnya.

Longsor yang terjadi di kampungnya, diungkapkan Dian baru pertama kali terjadi. Ia sendiri menduga longsor terjadi akibat dipicu TPT yang ambruk. TPT tersebut diketahui dibangun tahun 2013 oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya dan di 2016 sempat diperbaiki, namun ambruk di 2019.

Salah seorang anak Dian, Candra (16) mengatakan, saat longsor sedang tidur di kamar depan. “Tiba-tiba saya dibangunkan ibu saat longsor. Tidak terasa ada longsor, tau-tau belakang rumah sudah jebol aja,” kata dia.

Canda menyebut kondisi rumah saat ini tidak mungkin ditinggali dalam jangka waktu yang panjang karena melihat kerusakannya. Untuk itu, dia pun terpaksa ikut menumpang di rumah saudaranya.

Sementara itu, Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Harisman mengatakan, longsor di Kampung Karangresik, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, hanya satu rumah terdampak.

“Karena itu akibat dari robohnya TPT. BPBD sedang mengecek kelayakan TPT itu sebelum ambruk dan mengakibatkan tanah yang ditahan longsor ke bawah. Diduga longsor itu disebabkan oleh TPT yang sudah tidak kokoh, akibatnya TPT roboh terdampak hujan deras dan angin kencang,” ujar dia.

Dia juga mengatakan, sedang mengecek apakah TPT tersebut dibangun pribadi atau pemerintah. “Tapi itu sepertinya TPT sudah lama, bukan baru, jadi saat TPT-nya lepas menarik rumah,” ungkapnya.

BPBD saat ini masih fokus melakukan penanggulangan kepada korban. Pihak BPBD telah memberikan kebutuhan dasar agar korban mengungsi tidak membebani pemilik rumah.

“Tim verifikasi juga akan menilai kerusakan rumah korban. Kalau layak dapat bantuan keuangan, ya kita bantu. Tapi kalau kondisi seperti itu tak mungkin diperbaiki. Harus dari TPT dulu baru rumahnya,” tutupnya.(*)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anggaran 910 Juta untuk Pendistribusian Dokumen Kependudukan

KARAWANG – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan, menjelaskan anggaran ...