Tanggul Citarum Jadi Tempat Sampah, Aparat Langsung Sidak

KARAWANG – Mendapati laporan dan informasi salah satu titik tanggul sungai Citarum menjadi lokasi pembuangan sampah rumah tangga oleh masyarakat dari wilayah Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, Rabu (10/06) kemarin, beberapa pegawai kantor kelurahan dan kecamatan langsung turun ke titik lokasi. Disela kegiatan woro-woro, lokasi pembuangan sampah di tanggul sungai Citarum menjadi salah satu sasaran atensi serius dari para pejabat otoritas di wilayah setempat untuk melakukan sosialisasi hidup sehat.

Farida Heryanti, S.Sos, sebagai Lurah Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, memutuskan untuk mengajak sejumlah perwakilan masyarakat bersama Ketua Rukun Tetangga berikut Rukun Warga meninjau langsung ketanggul Citarum usai menggelar sosialisasi covid-19. Saat tiba di titik lokasi, Lurah Tunggakjati bersama-sama sejumlah perwakilan masyarakat berikut para pegawai kelurahan hingga tingkat RT dan RW berencana untuk merelokasi tumpukan sampah rumah tangga yang berada di tanggul sungai Citarum.

“Kita akan sediakan gerobak sampah, kita juga akan bangun tempat pembuangan sampah sementara di luar dari tanggul sungai Citarum, lalu kita akan pindahkan sampah yang menumpuk ke tempat yang disediakan, ke depan kita agendalan pengelolaan sampah secara berkelanjutan untuk masyarakat setempat,” jelasnya.

Sementara, Ismet, sebagai pegawai yang bertugas menjadi pekerja sosial masyarakat di kantor Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, memastikan agar tumpukan sampah rumah tangga tidak lagi muncul di tanggul sungai citarum membutuhkan peringatan keras. Setidaknya, sambung Dia, sejumlah perwakilan warga sekitar dan juga para ketua RT dan RW bersepakat untuk memasang spanduk bertuliskan larangan berikut aturan tentang pelaksanaan program Citarum harum yang akan memastikan tidak ada lagi tumpukan sampah di tanggul sungai citarum.

“Kita sepakat dengan ibu lurah memasang spanduk peringatan dan larangan bagi masyarakat membuang sampah ke Sungai Citarum,” jelasnya. (ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Mengabdi Terhadap Tanah Kelahiran, Yana Suyatna Resmi Daftar Calon Bupati Karawang

Karawang – Menuju pilkada 2024 semaki ramai bacalon bupati Karawang ...