DPRD Karawang Mau Evaluasi Dinas Catatan Sipil, Kenapa? Ini Penjelasannya

KARAWANG – Komisi I DPRD Karawang akan mengundang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil) setempat. Pasalnya, banyak program penting di dinas tersebut yang perlu untuk dievaluasi agar lebih optimal.

Ketua Komisi I DPRD Karawang, Budianto mengatakan, Disdukcapil sebelumnya sudah diundang untuk rapat evaluasi bersama KPU, Bawaslu, Satpol PP dan Bagian Hukum pada Kamis (25/6/2029) kemarin. Namun tidak hadir karena adanya kendala informasi undangan.

“Kami sudah undang, tapi (Disdukcapil) gak hadir. Alasannya tidak ada undangan, padahal undangan sudak kami sampaikan sejak Rabu (24/6/2029),” ujar Budianto saat ditemui di kantornya, Jumat (26/6/2020).

Ia memaparkan, salah satu program penting Disdukcapil yang perlu dievaluasi terkait antar data kependudukan yang dikerjasamakan dengan Kantor Pos. Dimana saat ini banyak laporan yang masuk dari masyarakat yang masih harus datang ke Kantor Kecamatan untuk memgambil data kependudukan yang sudah jadi.

“Ini program bagus dan perlu dioptimalkan. Apalagi di masa pandemik ini, program tersebut bisa mencegah terjadinya kerumuman orang di kantor kecamatan. Kita harus evaluasi, mencari titik permasalahan sampai saat ini program tersebut tidak berjalan secara optimal, sehingga banyak laporan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Budianto, masalah akurasi data kependudukan juga menjadi perhatian. Dimana jelang Pilkada 2020 yang akan digelar Desember nanti, akurasi data pemilih menjadi sangay krusial.

“Kita juga akan evaluasi data kependudukan berkaitan dengan jumlah pemilih untuk pelaksanaan Pilkada 2020,” pungkasnya.(cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...