Pertanian & UMKM Program Prioritas Jief

Karawang – Calon Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh mempunyai program pembangunan ekonomi kerakyatan. Pasalnya Kabupaten Karawang merupakan kawasan Pertanian dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu fokus pengembangan ekonomi.

“Untuk meningkatkan dan menghidupkan gairah perekonomian dibidang pertanian serta UMKM. Juga perbaikan infrastruktur fisik dan non fisik harus dilakukan,” kata Jief sapaan akrab H. Aep, Jumat (9/10/2020).

Kata dia, infrastruktur fisik ini salah satu yang sangat penting untuk mendongkrak perekonomian. Tetapi ia tidak ingin membuat akses infrastruktur hanya untuk melihat untuk menunjang perekonomian dalam jangka pendek.

“Tetapi harus kita bangun untuk melihat jangka waktu belasan tahun hingga puluhan tahun,” ungkap Aep di sela acara penyerahan bantuan traktor untuk Kelompok Tani di Karawang.

Menurut Aep , bahwa infrastruktur non fisik, perlu adanya perbaikan dalam akses pasar, hingga akses rantai pasok untuk pertanian dan UMKM.

“Bagaimana potensi pengembangan itu harus dibantu oleh pemerintah dari membuka akses pengembangan usaha, pengembangan pasar. Saya yakin potensi itu bisa dilakukan,” ujar calon wakil bupati nomor urut 2.

Aep juga mencontohkan dalam bidang pertanian misalnya kalah saingnya beras Karawang dengan Cianjur karena kurangnya branding dan promosi.

Orang lebih mengenal dengan beras Cianjur padahal berasnya juga dari Karawang. Kita juga sebenarnya mampu dengan menciptakan branding beras Karawang. Pasarnya bisa dilakukan, misalnya dengan memanfaatkan dengan koperasi di industri.

“Saya sudah berbicara dengan beberapa teman saya di kawasan, mereka sebenarnya siap untuk menampung langsung beras Karawang. Ada berapa pabrik di Karawang, itu sekitar 1200 perusahaan. Tinggal pemerintah daerah siap berkomunikasi dengan koperasi perusahaan untuk memasok berasnya,” ucapnya.

Aep juga mengingkan untuk usaha UMKM, setiap desa menonjolkan produk UMKMnya. Lalu untuk salah satu pemasarannya setiap ritel dan pasar moderen harus menyediakan outlet untuk UMKM Karawang.

“Bahkan setiap acara pemda atau rapat pemda. Produknya harus UMKM Karawang,” ujarnya.

Selain itu, bagaimana Pemerintah Daerah juga harus mahir untuk mengambil langkah mengambil potensi bantuan Pemerintah Provinsi atau Pusat dalam pengembangan perekonomian pertanian dan UMKM.

“Aep mencontohkan seperti bantuan traktor yang diberikan Partai NasDem kepada para kelompok tani di Karawang,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...