KKN Mahasiswa Unsika Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Karawang – Pada masa pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir seluruh dunia yang tidak terkecuali di Indonesia sendiri sangatlah berpengaruh pada beberapa aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, dan lain-lain. Tidak terkecuali peredaran narkotika di Indonesia. Ditengah terjadinya krisis ekonomi, banyak orang-orang kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian dan lain-lain, peredaran narkotika justru meningkat pada masa pandemi Covid-19 ini. Percepatan penanggulangan dalam pemecahan masalah kebencanaan dalam rehabiltasi dan rekonstrukturisasi bencana akibat pandemik COVID-19, dilakukan melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) terintegrasi dengan program KKN Tematik.

KKN Tematik merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat civitas akademika UNSIKA. Tujuan pelaksanaan kegiatan KKN sekaligus program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bekerjasama dengan mitra Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Karawang. Dalam situasi sekarang ini upaya sosialisasi bahaya narkoba yang biasanya menghadirkan massa besar tentunya tidak dapat lagi dilakukan untuk sementara waktu.

PKM ini bersama BNNK melalui Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat mengambil langkah pencegahan yang tetap aman dan memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat.Kegiatan Sosialisasi online “diskusi online” yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at 30 Oktober 2020 pukul 13.00 wib yang diselenggarakan oleh tim KKN BNNK Kabupaten Karawang bersama dengan Dosen pengabdian masyarakat (PKM) Unsika dengan diikuti 199 peserta dari berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Karawang dan diluar Karawang.

Selain Sosialisasi dalam bentuk diskusi online kegiatan Pengabdian masyarakat kepada masyarakat (PKM) dengan tim KKN BNNK Kabupaten Karawang juga melanjutkan kegiatan sosialisasi dengan judul “Sosialisasi Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karawang serta Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Di Masa Pandemi Covid-19”.

Ke perwakilan desa/kelurahan antara lain Desa Puseurjaya Telukjambe Timur, Karawang, Kelurahan Karawang Wetan, Kelurahan Palumbonsari, Kelurahan Plawad,serta Desa Lemah Abang, juga sekolah-sekolah seperti SMA Negeri 1 Telukjambe Karawang dan SMA Negeri 3 Karawang.


Dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Unsika dengan KKN tematik yang telah dilaksanakan diharapkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di masa pandemi covid-19 dengan media sosial untuk saling bertukar informasi terkait upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di masa pandemic covid-19.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...